Monday, December 5, 2011

Beautiful Mom

Mama sangat senang di foto dengan kebaya-kebayanya...Wah apalagi sebentar lagi natalan dan mereka akan memakai costum kebaya.
Nah sambil ,my mom show to me her kebaya-kebaya ,aku asik ngeblok hehehe.Tapi jadinya ujung-ujungnya dimintai untuk memotonya hahahahaha....*brbrbr lagi ngeblok loh ini mom*

Ahh mau tampilin foto-fotonyaa...:p

Smile mom hehehehe...*jepretttt...*


Pose pegang bola-bola putih dulu aahh hehehe

 Ini pose yang paling kusukai...siape dulu fotografernya hehehe


 Woowww...kreatip yaaa


Nah jepret terakhir kite bareng pohon natal yaa: said my mom
me: hayukkk...:p



Tidak hanya cantik dari luar but cantik dari dalam.Kenapa aku bisa berkata demikian??ya karena dia sudah melakukannya dari awal sampai aku besar.Walaupun ini bukan hari ibu hehehe,aku senang menceritakan tentang mamaku.Bagiku dia seperti teman hehehe ,bisa seperti guru,bisa seperti dokter(klu aku sakit suka cari-cari obat terkadang bikin resep sendiri hahahaha),dan pastinya dia adalah ibu yang luar biasa.Aku bangga dan bersyukur karena Tuhan memilihnya sebagai ibuku.Dan so pasti papa juga bangga kepadannya karena bukan hanya sebagai ibu yang luarbisa tetapi juga sebagai istri yang cakap.
 Aku banyak belajar darinya menjadi seorang wanita hahaha...mulai dari berbicara,bersikap,berdandan :p,jalan memakai sepatu tinggi,dann banyak dehhh.
Thanks Mom.

"Istri yang cakap siapakah akan mendapatkannya?
Ia lebih berharga dari pada permata"Amsal 31: 10

"Hati suaminya percaya kepadanya,suaminya tidak akan kekurangan keuntungan" Amsal 31:11

"Ia membuka mulutnya dengan hikmat,pengajaran yang lemah lembut ada dilidahnya" Amsal 31:26

"Anak-anaknya bangun ,dan menyebutnya berbahagia,pula suaminya memuji dia" Amsal 31:28

Thanks God.
She needs Your Power.
Pour it all over.
Amen.






In my home
*Karen*

When God Ran

Aku sangat diberkati dengan lagu ini. :D

Lagu ini menceritakan tentang Lukas 15 : 11-31
"Perumpamaan tentang anak yang hilang".
Yaaa...Tuhan tetap selalu mengasihi kita walaupun terkadang kita menjauh dariNya.Dia tetap Allah yang tidak pernah meninggalkan kita sekalipun kita jauh meninggalkan Dia.
Saat kita mengambil keputusan untuk mengikuti dia dan rindu mencari Dia ,maka Dia akan terlebih dahulu lebih rindu akan kita.

This is the song :When God Ran from Phillip,Craig,and Dean




                                   



Almighty God, the great I am (Allah yang Mahakuasa,Keagunganku)
Immovable rock (batu karang yang tak tergoyahkan)

omnipotent ,(Mahakuasa)
powerful, (Kuat)
awesome Lord ,(Tuhan menggagumkan)
Victorious warrior,(Pejuang yang menang)
commanding King of Kings  (Raja yang memerintah segala raja)
Mighty conqueror,(Penakluk yang perkasa)
and the only time
the only time I ever saw Him run
CHORUS:
Was when He ran to me, He took me in His arms
Held my head to His chest, said “My son’s come home again
Lifted my face, wiped the tears from my eyes
With forgiveness in His voice He said,
Son do you know I still love you?” 

He caught me by surprise when God ran
The day I left home I knew I’d broken His heart
And I wondered then if things could ever be the same
Then one night I remembered His love for me
And down that dusty road ahead I could see
It was the only time – it was the only time I ever saw Him run
And then He ran to me, He took me in His arms
Held my head to His chest, said “My son’s come home again
Lifted my face, wiped the tears from my eyes
With forgiveness in His voice He said,
“Son do you know I still love you?”

He caught me by surprise as He brought me to my knees
When God ran – I saw Him run to me
BRIDGE: 

I was so ashamed, all alone and so far away
But now I know He’s been waiting for this day
I saw Him run to me, He took me in His arms
Held my head to His chest, said My son’s come home again
Lifted my face, wiped the tears from my eyes
With forgiveness in His voice I felt His love for me again
He ran to me, He took me in His arms
Held my head to His chest, said “My son’s come home again”
Lifted my face, wiped the tears from my eyes
With forgiveness in His voice He said, “Son”, He called me Son
He said, “Son do you know I still love you?”
He ran to me and then I ran to Him
When God ran



"....But while he was still a long way off,his father saw him and was filled with compassion for him,he ran to his son ,threw his arms around him and kissed him" Luke 15 : 21 





In My Home
With my beautiful mom:p

Monday, November 7, 2011

^^Belajar Lagu Bahasa Karo..Euyy..

Rasanya gak adil bila tak menampakkan sedikit aja dari kebudayaan saya...hahaha..Ah masaaa???

Iya nih,kalu aku jumpa sama ibu ibu dan bapak-bapak yang suku karo biasanya mereka coba ngajak aku cakap dalam bahasa karo..hahaha..Bagaimana reaksi ku??? senyum-senyum dan mulai mancari alasan ,contohnya..hehe aku ngak ngerti bicarakan dalam bahasa karo hanya ngertos dalam menerjemahkan..(tapi emang bener sih)..
Kalau ditinjau dari namaku "Relysa Karenta Br.Ginting S".
Udah ketahuan bahwa aku berdarah keturunan Karo selain berdarah biru keturunan Kerajaan Sorga..hahaha..
Relysa nama dari pemberian Bulangku(kakekku). Nah nama Karen itu dari papa ,cuman kata Bulang biar kelihatan nama orang karo ditambahkan 'ta' yang artinya karen kita.Kalau Ginting S?
Nah orang-orang banyak tanya nih kenapa di marga ku udah ada ginting ditambah S??S itu adalah penunjuk kampung papa ku yaitu Suka .Jadi aku berasal dari Ginting Suka.Hehehehe...gitu diaakkk.

Penasaren kam(kalian/kamu) gimana lagu karooo..okeyyy aku perkenalkannn inilah diaa :

IJA KIN DAME E  (Dimananya kedamaian itu)
Ija kin dame e melala jelma sindaramisa
Amina pe bage perang la nggo ngadi i doni
Ija kin Jerusalem mbaru iganta ergayang
Adina usuren tingkah si mejin dat pujin O..

Kekelengen si payo
Kekelengen sila ngido balas
Sidarami la nake
Ma bas kita dame e..O

Reff:
Enda kerina iban ngenana ateta,erta
Lalit ertina ukur ras pengkalo mehuli
Kerina si dalinken muat jayanta
Beliganna nake kerinana serpi



Ari keseluruhan lagu ini tentang dimanakah kedamaiaan itu.Kedamaian bukan karena banyaknya harta.Kedamaian itu karena adanya kasih.
Kasih itu pastinya dari Tuhan.
Lagu ini dari Pa uda..kebetulan dia dan beberapa temannya join untuk membuat album karo.Judul grup mereka Hagai..Wah bisa jadi berkat banyak orang nihh..lagu mereka..Thanks ya pa uda,pa tua,,,,
setidaknya bisa belajar vocab  karo lewat nyanyian hehehe

Mauu tau nadanya ,entar jika jumpa akanku nyanyikan yaa...hahaha,,,

Dan semuannya hanya untuk memuliakan nama Tuhan.

Tuhan mengasihi kita semuaa..















^Karen^
in my home
_sambil dengerin lagu Ija kin dame e_






Kapan WAKTU Berpacaran??

Nahhh..ini ni..diaa...Jika ada sebuah pertanyaan "Usia berapakah yang terbaik untuk mulai berpacaran?
Seandainya pertanyaan ini dijawab hanya berdasarkan kecenderungan ,maka jawabannya akan langsung menunjuk masa puber ,yaitu 15-17 tahun,karena ini adalah satu masa dimana remaja punya kecenderungan yang sangat kuat untuk berpacaran.
Akan tetapi,justru pada masa puber inilah remaja sebaiknya  jangan berpacaran dulu.Kesimpulan ini diambil ,berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang kuat seperti :

  • Berpacaran pada masa puber seringkali hanya merupakan pelarian atau ikut-ikutan.
  • Remaja pada masa puber belum mencapai pertumbuhan fisik maupun jiwa yang seimbang sehingga mudah terhanyut dalam tindakan-tindakan yang negatif.
  • Pergaulan dan persahabatanlah yang tepat pada masa puber.
  • Belajarlah yang harus menjadi pusat perhatian remaja pada usia ini.
Nah oleh karena itu Menuntun kepada Kebenaran "Seorang yang bijak rela menunggu waktu Tuhan"
Firman Tuhan menyatakan :
Untuk segala sesuatu ada ,masanya,
Untuk apapun dibawah langit ada waktunya.
Ada waktu untuk lahir,ada waktu untuk meninggal;
ada waktu untuk menanam,ada waktu untuk mencabut yang ditanam,
ada waktu untuk membunuh ,ada waktu untuk menyembuhkan;
ada waktu untuk merombak,ada waktu untuk membangun;
ada waktu untuk menagis,ada waktu untuk tertawa
ada waktu untuk meratap,ada waktu untuk menari;
ada waktu untuk membuang waktu,ada waktu untuk mengumpulkan batu;
ada waktu untuk memeluk,ada waktu untuk menahan diri dari memeluk
ada waktu untuk mencari,ada waktu untuk membiarkan diri untuk rugi;
ada waktu untuk menyimpan,ada waktu untuk membuang;
ada waktu untuk merobek,ada waktu untuk menjahit;
ada waktu untuk berdiam diri,ada waktu untuk berbicara;
ada waktu untuk mengasihi,ada waktu untuk membenci;
ada waktu untuk perang,ada waktu untuk damai."
(Pengkotbah 3:1-8)

    Itu berarti ,dapat ditarik satu kebenaran ,"Ada waktu untuk belajar,ada waktu untuk berpacaran;ada waktu untuk bergaul,ada waktu untuk bersahabat,ada waktu untuk berpacaran."
Tuhan pastinya merancangkan waktu yang baik untuk mulai berpacaran,membina suatu hubungan.
Anak muda yang bijak ,tidak akan mengabaikan waktu Tuhan.Anak muda yang bijak rela menunggu waktu Tuhan.Bukankah yang namanya menjalin hubungan pacaran membutuhkan kedewasaan??? hehehehe...Wowwss..

Guys,Mari kita bersama sama menunggu waktunya Tuhan.Pasti Indah dan membuat kita terkagum-kagumm....Hahaha...Siapa dulu dongg yang nentuinnn?....Tuhan Yesus jawabannya...

Tuhan mengasihi kita semua..









(Inspirasi : "Love is Not Blind"

^Karen^
in my home
_sambil mencari ide biografi_


   

Saturday, October 22, 2011

BE GLORIFIED AND MAGNIFIED

Adalah kesempatan yang terindah ,kita hidup untuk memuliakan nama Tuhan.Lyric berikut ini adalah sebuah penyembahan bahwa hanya Tuhan saja yang dipermuliakan from Trueworshippers

Glory to God in the highest
For Your great and matchless name
I worship You and honor You
You’re lifted up in this place
Jesus The Son there’s no other
Heavenly King, Lamb of God
For You alone The Holy One
You’re lifted up in this place
O.. God I (we) worship You
O.. God I worship You
Be glorified and magnified
O.. God I worship You



 Ajari aku mempermuliakanMu Tuhan lewat tugas-tugas yang kukerjakan ,lewat kegiatan yang kulakukan,lewat semua hal yang aku bagikan maupun yang aku dapatkan.





Karen.
-completed my duty of chemistry- 
in home.. 

Monday, September 19, 2011

Milik siapa hidup mu???

Ada beberapa jawaban yang mungkin tersirat dalam pikiran kita...

“milik kekasihku”(biasanya yang jawab orang yang sedang kasmaran)
“ya milik orang tuaku”(wajar sih ada yang bilang gitu,wong keluar dari rahim ortunya kok,,hahaha..nyambung kagak yee)
“ya milik diriku sendiri”(susah mikir makanya jawab itu doang)
“milik tetangga”(merasa tetangga sangat berjasa karena udah bantuin merapikan bunga kalau ada angsa yang lewat semabarangan)..hahaha ,kalau yang ini mungkin orang tersebut merasa kesal dengan tantangan goose’s group...(kumpulan angsa)..
“milik teknologi”(Wah ini orang –orang yang cinta betul sama ilmu perkembangan teknologi ,bisa dibilang contohnye astrounot) iya gak sih??? Mau tau,cek sendiri..:p
“milik Tuhan Yesus” (Ini jawaban gak bisa ditawar lagi karena alasannya semua yang ada dihidupku adalah buatan tanganNya).Wah kira-kira berapa persen ya orang yang jawab ini????!!..
Hayoo yang merasa ini adalah jawaban dari hatimu ,cukup tersenyum dan mengatakan dalam hati “aku ini miliknya Tuhan”
Wahhh,namun gak bisa di pungkirin lage nihh,,jawaban para remaja,para pemuda/i..ada dipilihan pertama ,mengatakan bahwa diri mereka adalah milik sang kekasih.Yang membaca dan ngejawab pilihan pertama sebagai jawabanmu,,mari coba koreksi siapa sebenarnya kekasihmu itu???apakah dia sudah ada sebelum anda terlahirkan atau apakah dia akan menjadi pasanganmu nantinya di pernikahan,makanya sampai menjawab “milik sang kekasih”??? Halooowww.....tolongggg pikirkan baik baik..hehehehe...

Hidup ataupun diri kita itu yang pasti adalah milik Tuhan.Contonya nih ya,,,
Tangan,kaki,mata,hidup,mulut,hidungmu yang mancung atau pesek,kepintaran,talenta,suara ynag merdu,suara yang serak-serak basah,kelihaian memaikan alat musik dsb, itu semua adalah MILIKNYA TUHAN YESUS .Kita harus tahu kebenaran tentang itu melalui firman Tuhan.
ini adalah MILIKNYA TUHAN.Kalau miliknya Tuhan lalu untuk apa hidup kita ini????!!!Hayooo untuk apa...UNTUK MEMPERMULIAKAN NAMA TUHAN...
Tau gak sihh...Kita itu udah lunas dibayar ,sudah dibeli,darah yang mengalir di kehidupan kita ini adalah darahnya Tuhan. Berarti tubuh kita ini dari penebusan Allah sudah dijadikan tempat nya Tuhan.Masak iya??? Nih ya..baca
“Tidak tahukah kamu bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?”(1 Kor 3:16)..Wahhh dalam ayat itu ada tanda tanyanya,,,berarti apa dong....BERARTI MASIH ADA YANG BELUM TAHU KALAU KAMU TUH ADALAH BAITNYA ALLAH.....
Wussss....segitunya ya Tuhan ,sampai mempercayai kita adalah baitnya Allah....Nah kalu udah tau gitu..kita musti sadar bahwa kita ini tempat berdiamNya dan baitNya,,soo otomatis kita kudu tahu bahwa n berarti hidup kita dan diri kita yang selama ini kita bangga kan itu adalah miliknya Tuhan...Jadi kita harus mempermuliakan Tuhan lewat hidup kita..
Caranya gimana  biar kita bisa mempermuliakan Tuhan??? Baca nihh Filipi 4: 8
“Jadi akhirnya ,saudara-saudara semua yang benar,semua yang mulia,semua yang adil,semua yang suci,semua yang manis,semua yang sedap didengar,semua yang di sebut kebajikan dan yang patut dipuji,pikirkanlah semuanya itu.”
Dan gak lupa juga jangan bosen2 baca Alkitab(kitab paling bersejarah) ,jadi saksinya Tuhan lewat perbuatan dan perkataan,jangan lupa dan malas berdoa ,ikut pelayanan dimana hatimu tergerak dan dupanggil Tuhan untuk melayani.

GIMANA??Udah tau kann....
So Guys..HIDUP KITA INI ADALAH MILIKNYA TUHAN YESUS.


Karen ..
My home :D

Thursday, September 8, 2011

True LoVE

Coba aja baca ini friends hehehe...

“Saya mencintaimu”.
Apa arti kalimat tersebut? Seberapa seringkah anda nyatakan pada pasangan anda? Seberapa jauh anda yakin ketika mengucapkan kalimat tersebut? Seberapa jauh kadarnya berkurang setelah sekian tahun pernikahan yang diisi dengan kesibukan, keindahan tubuh yang dimakan usia, atau anak-anak yang menyita waktu? Masihkah anda mengucapkannya pada pasangan anda setiap hari, seperti waktu anda baru saja menikah dulu?
Jika kita diminta menggambarkan apa itu cinta, apa yang kita bayangkan? Perasaan berbunga-bunga ketika bertemu pasangan kita? Perasaan senang dan bahagia ketika pasangan kita mengucapkan kata-kata sayang pada kita? Perasaan bahwa kita tidak bisa hidup jika tidak bersama-sama dengan pasangan kita? Perasaan rindu ketika jauh dan terpisah cukup lama dari pasangan kita? Perasaan ingin memberikan yang terbaik bagi pasangan kita untuk membuatnya bahagia? Perasaan bahwa tidak akan ada orang lain lagi yang akan kita cintai sebesar kita mencintai pasangan kita? Perasaan bahwa kita bersedia hidup dengannya tidak peduli rintangan atau halangan apapun yang nantinya akan muncul?
Cinta yang kita bawa ke dalam pernikahan bukanlah cinta monyet yang menutup mata terhadap kekurangan dan kelemahan pasangan kita.
Cinta yang kita berikan tidak dibangun di atas ilusi bahwa semuanya akan baik-baik saja.
Cinta bukanlah menerima kondisi pasangan kita dengan harapan bahwa kita akan bisa mengubahnya di kemudian hari.
Cinta yang mendekatkan kita dan pasangan kita bukanlah cinta yang membutakan diri kita untuk melihat siapa sesungguhnya pasangan kita dan bagaimana hidup yang akan kita jalani bersamanya.
Jika demikian, itu bukan cinta namanya. Itu adalah harapan anda mengenai pasangan anda dan mengenai kehidupan yang akan anda jalankan nantinya.

Cinta yang sesungguhnya adalah melihat kekurangan pasangan kita dan mengatakan bahwa kita tetap mengasihinya.
Cinta yang sesungguhnya adalah bersedia menanggung akibat dari dosa yang dilakukan pasangan kita. Inilah yang Yesus lakukan bagi kita, mempelai wanitaNya.
Cinta yang sesungguhnya adalah membiarkan pasangan kita menang dalam kondisi apapun, karena kemenangan diri bukan lagi sesuatu yang kita inginkan.
Cinta yang sesungguhnya bersukacita ketika pasangan kita hidup benar, bukan hanya saat ia memberikan apa yang kita inginkan.
Cinta yang sesungguhnya menangis ketika pasangan kita jatuh dalam dosa, bukan hanya ketika kita merasa disakiti olehnya.
Cinta yang sesungguhnya memeluk pasangan kita lebih erat ketika ia menusuk hati kita.
Dalam pernikahanlah kita mengerti bahwa kasih menutupi segala dosa “love covers multitude of sin”.
Setiap kali anda mengucapkan “I love you” pada pasangan anda, maka anda mengatakan kesediaan anda untuk mati baginya. Mati bukan hanya secara fisik untuk melindunginya, tetapi juga mati setiap hari untuk kepentingannya. Mati di dalam keinginan kita, agar kita membuka jalan bagi tercapainya keinginan pasangan kita. Mati terhadap diri kita, supaya kita menjadi satu dengan pasangan kita. Mati terhadap identitas diri, karena sekarang anda memiliki identitas baru bersama dengan pasangan anda. Anda menjadi satu kesatuan dengannya di dalam Kristus, sumber kasih itu sendiri. Ketika kita berjalan bersama dengan Tuhan setiap hari bersama dengan pasangan anda, maka kasih itu, cinta itu, yang sudah lama anda idamkan, akan anda rasakan setiap hari, bahkan setiap detik dalam hidup anda. Selamat mencintai pasangan anda!

Comment from me : wuiih dalam ya..artikel ini....ini baru namanya True Love friends...hahaha...So minta Tuhan menuliskan true love hidup kalian masing-masing ....ckckckc...:D

Sumber : www.my-lifespring.com
 

Wednesday, September 7, 2011

10 things GOD Cannot Do !!!

1. God can’t stop loving you. Yes, I have loved you with an everlasting love; therefore with loving kindness I have drawn you. Jeremiah 31:3.. ( Love This Much )

2. God can’t stop thinking about you. How precious also are your thoughts to me, O God! How great is the sum of them! If I should count them, they would be more in number than the sand; when I awake, I am still with you. Psalm 139:17-18

3. God can’t abandon you. Be strong and of good courage, do not fear nor be afraid of them; for the Lord your God, he is the one who goes with you. He will not leave you nor forsake you. Deuteronomy 31:6

4. God can’t make a loser. Now thanks be to God who always leads us in triumph in Christ. 2 Corinthians 2:14

5. God can’t remember sins he’s chosen to forget. I, even I, am he who blots out your transgressions for my own sake; and I will not remember your sins. Isaiah 43:25

6. God can’t break a promise. My covenant I will not break, nor alter the word that has gone out of my lips. Psalm 89:34

7. God can’t be prejudiced. In truth I perceive that God shows no partiality. But in every nation whoever fears him and works righteousness is accepted by him. Acts 10:34-35

8. God can’t be unholy. And one cried to another and said: "Holy, holy, holy is the Lord of hosts; the whole earth is full of his glory!" Isaiah 6:3

9. God can’t take on a job he can’t handle. Ah, Lord God! Behold, you have made the heavens and the earth by your great power and outstretched arm. There is nothing too hard for you. Jeremiah 32:17

10. God can’t get tired. Have you not known? Have you not heard? The everlasting God, the Lord, the Creator of the ends of the earth, neither faints nor is weary. Isaiah 40:28 2.

by: dna youth

Sunday, September 4, 2011

Ajarku berdiam...


Ajarku berdiam,dekat di hatiMu 
Disaatku berpaling temukan cintaMu
Disana KAU menanti
tuk bawaku lebih 
Bersekutu dalam kedamaian sejati...
Oooo...kudamba hadirMu
Oooo..inilah hidupku
Hidupku hanyalah untukMU
Segenap hatiku kagum 
akan kebaikanMU
....(Sidney Mohede's lyric)

Menikmati kehadiran Tuhan lebih indah dari apapun.Disaat kita gak bisa berkata-kata mau ucapkan sesuatu kepada Tuhan,
di saat kita gak tau lagi apa yang harus kita lakukan,
di saat kita gak mengerti apa yang harus kita kerjakan , bahkan
disaat doa-doa kita belum terjawab
disaat tantangan baru datang
disaat kita merasa tidak ada jalan keluar atas persoalan kita
hanya ada satu cara yaitu BERDIAM DIRI dalam HADIRAT TUHAN.

"Be silent before the Sovereign LORD,for the day of the LORD is near."(Zephaniah 1:7b)

Dia Allah yang lembut,,,
Dia Allah yang penuh dengan sentuhan kasih
Dia Allah yang selalu ada
Dia Allah yang menopang
Dia Allah yang berbicara dalam hidupku..

Aku gak bakalan bisa merasakan saat indah ini dimanapun selain di dalam Tuhan Yesus.
Aku hanya bisa berdiam mendengarkan giliran(saatNYA) berbicara kepadaku secara pribadi ,seperti BAPA sayang ANAKNYA.
SuaraNYA lembut dan itu memberikan kekuatan bagiku....


Sekarang aku tahu tempat paling indah di dunia ini bukan tempat hiburan yang dunia tawarkan melainkan tempat terindah itu adalah saat aku berdiam diri mendengarkan Engkau ,Tuhan Yesus.

Saturday, September 3, 2011

Baca Aja deh TT


Friends...berikut ini boleh dikatakan sebagai sebuah petualangan kasih ...dimana ini adalah kesaksian seorang suami. Kisahnya nyata, namanya sudah disulap, kiranya menjadi berkat buat pembaca.

Lima tahun usia pernikahanku dengan Martha sungguh masa yang sulit. Semakin hari semakin tidak ada kecocokan diantara kami. Kami bertengkar karena hal-hal kecil. Karena Martha lambat membukakan pagar saat aku pulang kantor. Karena meja sudut di ruang keluarga yang ia beli tanpa membicarakannya denganku, bagiku itu hanya membuang uang saja. Hari ini, 27 Agustus adalah ulang tahun Martha. Kami bertengkar pagi ini karena Martha kesiangan membangunkanku. Aku kesal dan tak mengucapkan selamat ulang tahun padanya, kecupan di keningnya yang biasa kulakukan di hari ulang tahunnya tak mau kulakukan. Malam sekitar pukul 7, Martha sudah 3 kali menghubungiku untuk memintaku segera pulang dan makan malam bersamanya, tentu saja permintaannya tidak kuhiraukan.

Jam menunjukkan pukul 10 malam, aku merapikan meja kerjaku dan beranjak pulang. Hujan turun sangat deras, sudah larut malam tapi jalan di tengah kota Jakarta masih saja macet, aku benar-benar dibuat kesal oleh keadaan. Membayangkan pulang dan bertemu dengan Martha membuatku semakin kesal! Akhirnya aku sampai juga di rumah pukul 12 malam, dua jam perjalanan kutempuh yang biasanya aku hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai di rumah.

Kulihat Martha tertidur di sofa ruang keluarga. Sempat aku berhenti di hadapannya dan memandang wajahnya. "Ia sungguh cantik" kataku dalam hati, "Wanita yang menjalin hubungan denganku selama 7 tahun sejak duduk di bangku SMA yang kini telah kunikahi selama 5 tahun, tetap saja cantik". Aku menghela nafas dan meninggalkannya pergi, aku ingat kalau aku sedang kesal sekali dengannya.

Aku langsung masuk ke kamar. Di meja rias istriku kulihat buku itu, buku coklat tebal yang dimiliki oleh istriku. Bertahun-tahun Martha menulis cerita hidupnya pada buku coklat itu. Sejak sebelum menikah, tak pernah ia ijinkan aku membukanya. Inilah saatnya! Aku tak mempedulikan Martha, kuraih buku coklat itu dan kubuka halaman demi halaman secara acak.

14 Februari 1996. Terima kasih Tuhan atas pemberianMu yang berarti bagiku, Ben, pacar pertamaku yang akan menjadi pacar terakhirku.

Hmm... aku tersenyum, Martha yakin sekali kalau aku yang akan menjadi suaminya.

6 September 2001, Tak sengaja kulihat Ben makan malam dengan wanita lain sambil tertawa mesra. Tuhan, aku mohon agar Ben tidak pindah ke lain hati.

Jantungku serasa mau berhenti...

23 Oktober 2001, Aku menemukan surat ucapan terima kasih untuk Ben, atas candle light dinner di hari ulang tahun seorang wanita dengan nama Melly. Siapakah dia Tuhan? Bukakanlah mataku untuk apa yang Kau kehendaki agar aku ketahui...

Jantungku benar-benar mau berhenti. Melly, wanita yang sempat dekat denganku disaat usia hubunganku dengan Martha telah mencapai 5 tahun. Melly, yang karenanya aku hampir saja mau memutuskan hubunganku dengan Martha karena kejenuhanku. Aku telah memutuskan untuk tidak bertemu dengan Melly lagi setelah dekat dengannya selama 4 bulan dan memutuskan untuk tetap setia kepada Martha. Aku sungguh tak menduga kalau Martha mengetahui hubunganku dengan Melly.

4 Januari 2002, Aku dihampiri wanita bernama Melly, Ia menghinaku dan mengatakan Ben telah selingkuh dengannya. Tuhan, beri aku kekuatan yang berasal daripadaMu.

Bagaimana mungkin Martha sekuat itu, ia tak pernah mengatakan apapun atau menangis di hadapanku setelah mengetahui aku telah menghianatinya. Aku tahu Melly, dia pasti telah membuat hati Martha sangat terluka dengan kata-kata tajam yang keluar dari mulutnya. Nafasku sesak, tak mampu kubayangkan apa yang Martha rasakan saat itu.

14 Februari 2002, Ben melamarku di hari jadi kami yang ke-6. Tuhan apa yang harus kulakukan? Berikan aku tanda untuk keputusan yang harus kuambil.

14 Februari 2003, Hari minggu yang luar biasa, aku telah menjadi Nyonya Alexander Ben Winoto. Terima kasih Tuhan!

18 Juli 2005, Pertengkaran pertama kami sebagai keluarga. Aku harap aku tak kemanisan lagi membuatkan teh untuknya. Tuhan, bantu aku agar lebih berhati-hati membuatkan teh untuk suamiku.

7 April 2006, Ben marah padaku, aku tertidur pulas saat ia pulang kantor sehingga ia menunggu di depan rumah agak lama. Seharian aku berada mall mencari jam idaman Ben, aku ingin membelikan jam itu di hari ulang tahunnya yang tinggal 2 hari lagi. Tuhan, beri kedamaian di hati Ben agar ia tidak marah lagi padaku, aku tak akan tidur di sore hari lagi kalau Ben belum pulang walaupun aku lelah.

Aku mulai menangis, Martha mencoba membahagiakanku tapi aku malah memarahinya tanpa mau mendengarkan penjelasannya. Jam itu adalah jam kesayanganku yang kupakai sampai hari ini, tak kusadari ia membelikannya dengan susah payah.

15 November 2007, Ben butuh meja untuk menaruh kopi di ruang keluarga, dia sangat suka membaca di sudut ruang itu. Tuhan, bantu aku menabung agar aku dapat membelikan sebuah meja, hadiah Natal untuk Ben.

Aku tak dapat lagi menahan tangisanku, Martha tak pernah mengatakan meja itu adalah hadiah Natal untukku. Ya, ia memang membelinya di malam Natal dan menaruhnya hari itu juga di ruang keluarga.

Aku sudah tak sanggup lagi membuka halaman berikutnya. Martha sungguh diberi kekuatan dari Tuhan untuk mencintaiku tanpa syarat. Aku berlari keluar kamar, kukecup kening Martha dan ia terbangun... "Maafkan aku Martha, Aku mencintaimu, Selamat ulang tahun..."


--------------------------------------------------------------------------------------------------
Reference : Vivi priyana 


Edit ulang : Karen