Monday, November 7, 2011

^^Belajar Lagu Bahasa Karo..Euyy..

Rasanya gak adil bila tak menampakkan sedikit aja dari kebudayaan saya...hahaha..Ah masaaa???

Iya nih,kalu aku jumpa sama ibu ibu dan bapak-bapak yang suku karo biasanya mereka coba ngajak aku cakap dalam bahasa karo..hahaha..Bagaimana reaksi ku??? senyum-senyum dan mulai mancari alasan ,contohnya..hehe aku ngak ngerti bicarakan dalam bahasa karo hanya ngertos dalam menerjemahkan..(tapi emang bener sih)..
Kalau ditinjau dari namaku "Relysa Karenta Br.Ginting S".
Udah ketahuan bahwa aku berdarah keturunan Karo selain berdarah biru keturunan Kerajaan Sorga..hahaha..
Relysa nama dari pemberian Bulangku(kakekku). Nah nama Karen itu dari papa ,cuman kata Bulang biar kelihatan nama orang karo ditambahkan 'ta' yang artinya karen kita.Kalau Ginting S?
Nah orang-orang banyak tanya nih kenapa di marga ku udah ada ginting ditambah S??S itu adalah penunjuk kampung papa ku yaitu Suka .Jadi aku berasal dari Ginting Suka.Hehehehe...gitu diaakkk.

Penasaren kam(kalian/kamu) gimana lagu karooo..okeyyy aku perkenalkannn inilah diaa :

IJA KIN DAME E  (Dimananya kedamaian itu)
Ija kin dame e melala jelma sindaramisa
Amina pe bage perang la nggo ngadi i doni
Ija kin Jerusalem mbaru iganta ergayang
Adina usuren tingkah si mejin dat pujin O..

Kekelengen si payo
Kekelengen sila ngido balas
Sidarami la nake
Ma bas kita dame e..O

Reff:
Enda kerina iban ngenana ateta,erta
Lalit ertina ukur ras pengkalo mehuli
Kerina si dalinken muat jayanta
Beliganna nake kerinana serpi



Ari keseluruhan lagu ini tentang dimanakah kedamaiaan itu.Kedamaian bukan karena banyaknya harta.Kedamaian itu karena adanya kasih.
Kasih itu pastinya dari Tuhan.
Lagu ini dari Pa uda..kebetulan dia dan beberapa temannya join untuk membuat album karo.Judul grup mereka Hagai..Wah bisa jadi berkat banyak orang nihh..lagu mereka..Thanks ya pa uda,pa tua,,,,
setidaknya bisa belajar vocab  karo lewat nyanyian hehehe

Mauu tau nadanya ,entar jika jumpa akanku nyanyikan yaa...hahaha,,,

Dan semuannya hanya untuk memuliakan nama Tuhan.

Tuhan mengasihi kita semuaa..















^Karen^
in my home
_sambil dengerin lagu Ija kin dame e_






Kapan WAKTU Berpacaran??

Nahhh..ini ni..diaa...Jika ada sebuah pertanyaan "Usia berapakah yang terbaik untuk mulai berpacaran?
Seandainya pertanyaan ini dijawab hanya berdasarkan kecenderungan ,maka jawabannya akan langsung menunjuk masa puber ,yaitu 15-17 tahun,karena ini adalah satu masa dimana remaja punya kecenderungan yang sangat kuat untuk berpacaran.
Akan tetapi,justru pada masa puber inilah remaja sebaiknya  jangan berpacaran dulu.Kesimpulan ini diambil ,berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang kuat seperti :

  • Berpacaran pada masa puber seringkali hanya merupakan pelarian atau ikut-ikutan.
  • Remaja pada masa puber belum mencapai pertumbuhan fisik maupun jiwa yang seimbang sehingga mudah terhanyut dalam tindakan-tindakan yang negatif.
  • Pergaulan dan persahabatanlah yang tepat pada masa puber.
  • Belajarlah yang harus menjadi pusat perhatian remaja pada usia ini.
Nah oleh karena itu Menuntun kepada Kebenaran "Seorang yang bijak rela menunggu waktu Tuhan"
Firman Tuhan menyatakan :
Untuk segala sesuatu ada ,masanya,
Untuk apapun dibawah langit ada waktunya.
Ada waktu untuk lahir,ada waktu untuk meninggal;
ada waktu untuk menanam,ada waktu untuk mencabut yang ditanam,
ada waktu untuk membunuh ,ada waktu untuk menyembuhkan;
ada waktu untuk merombak,ada waktu untuk membangun;
ada waktu untuk menagis,ada waktu untuk tertawa
ada waktu untuk meratap,ada waktu untuk menari;
ada waktu untuk membuang waktu,ada waktu untuk mengumpulkan batu;
ada waktu untuk memeluk,ada waktu untuk menahan diri dari memeluk
ada waktu untuk mencari,ada waktu untuk membiarkan diri untuk rugi;
ada waktu untuk menyimpan,ada waktu untuk membuang;
ada waktu untuk merobek,ada waktu untuk menjahit;
ada waktu untuk berdiam diri,ada waktu untuk berbicara;
ada waktu untuk mengasihi,ada waktu untuk membenci;
ada waktu untuk perang,ada waktu untuk damai."
(Pengkotbah 3:1-8)

    Itu berarti ,dapat ditarik satu kebenaran ,"Ada waktu untuk belajar,ada waktu untuk berpacaran;ada waktu untuk bergaul,ada waktu untuk bersahabat,ada waktu untuk berpacaran."
Tuhan pastinya merancangkan waktu yang baik untuk mulai berpacaran,membina suatu hubungan.
Anak muda yang bijak ,tidak akan mengabaikan waktu Tuhan.Anak muda yang bijak rela menunggu waktu Tuhan.Bukankah yang namanya menjalin hubungan pacaran membutuhkan kedewasaan??? hehehehe...Wowwss..

Guys,Mari kita bersama sama menunggu waktunya Tuhan.Pasti Indah dan membuat kita terkagum-kagumm....Hahaha...Siapa dulu dongg yang nentuinnn?....Tuhan Yesus jawabannya...

Tuhan mengasihi kita semua..









(Inspirasi : "Love is Not Blind"

^Karen^
in my home
_sambil mencari ide biografi_