Monday, November 7, 2011

^^Belajar Lagu Bahasa Karo..Euyy..

Rasanya gak adil bila tak menampakkan sedikit aja dari kebudayaan saya...hahaha..Ah masaaa???

Iya nih,kalu aku jumpa sama ibu ibu dan bapak-bapak yang suku karo biasanya mereka coba ngajak aku cakap dalam bahasa karo..hahaha..Bagaimana reaksi ku??? senyum-senyum dan mulai mancari alasan ,contohnya..hehe aku ngak ngerti bicarakan dalam bahasa karo hanya ngertos dalam menerjemahkan..(tapi emang bener sih)..
Kalau ditinjau dari namaku "Relysa Karenta Br.Ginting S".
Udah ketahuan bahwa aku berdarah keturunan Karo selain berdarah biru keturunan Kerajaan Sorga..hahaha..
Relysa nama dari pemberian Bulangku(kakekku). Nah nama Karen itu dari papa ,cuman kata Bulang biar kelihatan nama orang karo ditambahkan 'ta' yang artinya karen kita.Kalau Ginting S?
Nah orang-orang banyak tanya nih kenapa di marga ku udah ada ginting ditambah S??S itu adalah penunjuk kampung papa ku yaitu Suka .Jadi aku berasal dari Ginting Suka.Hehehehe...gitu diaakkk.

Penasaren kam(kalian/kamu) gimana lagu karooo..okeyyy aku perkenalkannn inilah diaa :

IJA KIN DAME E  (Dimananya kedamaian itu)
Ija kin dame e melala jelma sindaramisa
Amina pe bage perang la nggo ngadi i doni
Ija kin Jerusalem mbaru iganta ergayang
Adina usuren tingkah si mejin dat pujin O..

Kekelengen si payo
Kekelengen sila ngido balas
Sidarami la nake
Ma bas kita dame e..O

Reff:
Enda kerina iban ngenana ateta,erta
Lalit ertina ukur ras pengkalo mehuli
Kerina si dalinken muat jayanta
Beliganna nake kerinana serpi



Ari keseluruhan lagu ini tentang dimanakah kedamaiaan itu.Kedamaian bukan karena banyaknya harta.Kedamaian itu karena adanya kasih.
Kasih itu pastinya dari Tuhan.
Lagu ini dari Pa uda..kebetulan dia dan beberapa temannya join untuk membuat album karo.Judul grup mereka Hagai..Wah bisa jadi berkat banyak orang nihh..lagu mereka..Thanks ya pa uda,pa tua,,,,
setidaknya bisa belajar vocab  karo lewat nyanyian hehehe

Mauu tau nadanya ,entar jika jumpa akanku nyanyikan yaa...hahaha,,,

Dan semuannya hanya untuk memuliakan nama Tuhan.

Tuhan mengasihi kita semuaa..















^Karen^
in my home
_sambil dengerin lagu Ija kin dame e_






No comments:

Post a Comment