Wednesday, January 25, 2012

Bersandar kepada Tuhan (Kisah Raja Asa)

Haii Guyss,
Aku mau share tentang kisah Raja Asa..Kebetulan tentang inilah yang lagi hangat-hanyatnya di share sama salah satu kk di gereja.

Siapa yang tahu??

Raja Asa adalah anak dari Raja Abia yaitu Raja Yehuda. Pada tahun kedua puluh raja Yerobeam Israel, Asa menjadi raja Yehuda, dan ia memerintah di Yerusalem empat puluh satu tahun. Nama neneknya adalah putri dari Abishalom Maakha.Zaman dahulu,jika ayahnya seorang raja maka anaknya yang nantinya akan menggantikannya sebagai raja.


Kita bisa belajar dari Raja Asa tentang masa hidupnya yang takut akan Tuhan dan bersandar akan Tuhan.


Apa yang dilakukan Raja Asa sehingga kerajaannya aman dan tidak ada perang sampai pada tahun ketiga puluh lima pemerintahan Asa:
  •     Dalam 2 Tawarikh 14: 2 mengatakan bahwa “Asa melakukan apa yang baik dan benar di mata TUHAN ,Allahnya : yaitu menjauhkan mezbah-mezbah asing dan bukit-bukit pengorbanan,memecahkan tugu-tugu berhala,dan menghancurkan tiang-tiang berhala.
Asa ngak kompromi dengan namanya dosa,Ia tidak mau menduakan Tuhan,kalau itu hal yang ngak berkenan maka Ia ambil sikap untuk menjauhkan itu semua. 

  • Dalam 2 Tawarikh 14 : 4 mengatakan Ia memerintahkan orang Yehuda  supaya mereka mencari Tuhan.

 Setelah Raja Asa menghancurkan semua mezbah-mezbah yang tak berkenan di hati Tuhan,Raja Asa dengan tegas supaya mencari Tuhan.
Raja Asa tahu hanya karena dengan mencari Tuhanlah maka pemerintahan dan rakyat
menjadi aman.
Dan pada 2 Tawarikh 15: 2b mengatakan “Bilamana kamu mencariNya,Ia berkenan ditemui tetapi bilamana kamu meninggalkanNya,kamu akan ditinggalkanNya.”
Dan mereka semua mencari Tuhan.

Hari-hari ini apakah masih ada kerinduan kita untuk mencari Tuhan atau udah mulai membuat daftar urutan yang terakhir untuk mencari Tuhan???
Guys,,hidup kita oleh karena Tuhan ,di dalam hati kita itu ada bagian yang gak bisa diisi dengan yang lain selain Tuhan jadi untuk itu kita harus mencari Tuhan.



Kalau udah mulai malas atau jenuh,paksakan diri kita untuk tetap mencari Tuhan karena kita memang butuh Tuhan.


  •   Dalam 2 Tawarikh 14 : 11 ,di doanya Raja Asa ,Ia mengatakan bahwa hanya kepadaNyalah Ia bersandar.

Secara kita tahu pasti banyak hal yang bisa saja diandalkan Raja Asa,Ia punya pahlawan-pahlawan perang,perlengkapan perang,dan harta tetapi Raja Asa ngak mau bersandar dengan itu semua,Ia bersandar kepada Tuhan.


Bayangkan dia aja yang raja masih bersandar apalagi kita,pastinya dalam kehidupan kita ,apapun itu mau dalam hal kecil(gampang) atau hal besar(susah) biarlah kita selalu bersandar kepada Tuhan.


Nah dalam 2 tawarikh 16 : 7-12 mencatat saat Raja Asa tidak bersandar lagi kepada Tuhan sehingga saat itu Ia mengalami peperangan dan dalam akhir hidupnya Ia menderita sakit pada kakinya dan menjadi semakin parah.Namun Raja Asa tetap tidak bersandar kepada Tuhan ,Ia tidak mencari pertolongan Tuhan ,Ia mencari pertolongan tabib-tabib.



So Guyss,,,gak ada kata lain : Bersandarlah kepada Tuhan maka Ia akan selalu menuntun jalan kita.








Karen
In Home

1 comment:

  1. GOD, plese help us to be consistant
    i really like this 2 Kings.

    Old Testament surprised me

    ReplyDelete