Thursday, August 16, 2012

PedaS...tapi Enakk...^^

"Wuaaa....pedas bangett...."
"tapi enakk....lanjutttt..^^"hehehe


Dari dulu sampai sekarang dala nih aku lagi makan 'ayam cabe'(ayam yang diselimuti banyak cabe merah...)
Dari dulu sampai sekarang dal
am keluarga kami,yang namanya dengan cabe...sedikit tidak bersahabat hahaha(terlalu modifikasi nih kalimatnya).Maksudnya ,kami lebih sering membuat cabe dengan banyak mencampurkannya dengan tomat lalu ditambahkan dengan sedikit sendok gula...hahaha..kebayangkan jadinya rasa sambalnya asam dan manis...
Padahal kebanyakan dalam suku batak itu suka yang pedas ..pedas but lain dengan kami walupun batak karo suka yang manis manis hahahhaha....,,jadi kalau udah berhadapan dengan makanan masakan padang yang terkenal dengan rasa pedasnya yang menggoyangkan lidah ,maka kami harus menyiapkan banyak air hahaha..karena peddassss....
Papaku juga orang yang tidak terlalu suka dengan cabe yang pedas,tapi hari ini dia membeli ayam cabe katanya beli di tempat yang baru dibuka di persimpangan jalan hahahaha jadi intinya pengen tau rasanya di tempat makan itu...Melihat ayam itu,sangat menggoda seleraku untuk makan,langsung aja aku ambil nasi lalu ambil lauk yang dibeli papa...."wusssss....wuiiii pedaaasss niaaannn.."


"pedas yen?" kata papa yang liat aku kepedasan.
"oooh enggak...enak kok..(padahal sebenarnya pedas)"kataku
kalau aku bilang pedas nanti gak bisa sampai habis aku makan,padahalkan enakk hahahaha...jarang2 makan pedasoo2...hahah


Btw,sambil pedas2nya mulutku ,aku ingat suatu hal tentang pelayanan.....Pedas-pedas maksudnya adalah proses yang harus kita hadapi untuk membentuk karakter kita menurut yang Tuhan inginkan...


Sepanjang aku melayani Tuhan(cieee...udeh tue nihh)hahaha.....pedas2nya melayani itu tidak bisa tidak ada namanya juga ingin naik level..(pedas= rintangan,masalah,beban) harus dihadapi sampai tuntas...Semakin pedas makin asoyy bokk berkatnya...tapi banyak yang gak tahan dengan pedas2 ini,aku termasuk salah satunya...
Dulu aku ingin lari dari pelayanku sebagai guru sekolah minggu.Saat aku bilang gini..wahh sebagian ada yang gak percaya krn mereka liat aku fine2 aja dan bersemangat.Tanpa mereka ketahui tapi Tuhan tau,aku sudah susun rencana untuk minggat dari sini(tempat aku melayani sebagai kk sekolah minggu).Apa rencananya ren??Rencananya ,walaupun sepertinya kalau orang gak tau, rencana ini cukup baik hahaha(baik menurutku).Saat ada tes2 untuk masuk universitas lewat jalur UMB,SNMPTN..aku bahkan tak memilih satupun untuk kuliah di riau yang menjadi pilihan pertama(katanya lebih sering diliat pilihan pertama) ini karena aku ingin ke prov lain.Dan tujuanku adalah di Medan.Aku rasa aku lebih baik di sana,aku tidak perlu pusing dengan pelayananku karena kalau aku di sana otomatis aku mesti jadi pengikut dulu gak langsung jadi pemimpin(dulu aku sangat takut jadi pemimpin).hahahaha...Aku pun mulai gencar2nya berdoa seperti yang kumau yaitu untuk lulus di universitas negeri di Medan.Setelah ujian itu selesai,aku sangat yakin bahwa aku akan kuliah di Medan,horeee(pikirku).Wahhhh!!! gak di sangka,,akhirnya aku.....TDK LULUS."Maaf anda dapat mencobanya lagi"itu adalah kalimat yang aku liat di situs UMB ,,,Di depan salah satu kk sekolah minggu yang membantu ku mengurus admin ujian2 ini sampai selesai,aku hanya terlihat senyum...tetapi hatiku sesak rasanya....Katanya mukaku saat itu seperti mau nagis tapi tersenyum(malu dong nagiss hahaha)...


"Aku kok ngak lulus,aku udah belajar baik2 nih Tuhan"
huhuhuhuhuhuhuhuhuhuhuhuhuhuhu..
aku nagis ,masuk kamar,berdoa berdiam diri....


"Udalah ren,kan masih ada tes SNMPTN"kata mama


Akhinya aku ikut tes SNMPTN...dengan keyakinan aku pasti lulus kali ini.Lalu pengumuman tes ,dapat dilihat di koran ataupun alat komunikasi lainnya...Papa pagi itu langsung deh cari koran,mau liat aku lulus apa kagak...
"Ren di sini juga gak ada namamu" kata papa,udah bolak balik tuh koran.....
hikshikshiks...aku masuk kamar,(Tuhan ini tes terakhir yang aku harapkan,aku gak lulus juga)....
Papa yang tau aku tanpa banyak bicara masuk kamar langsung,menemuiku,dan memelukku...
"Gak papa ren...,kan masih bisa kita carikan melalui jalur lokal"kata papa dengan tenang..
aku kurang tertarik dengan namanya lewat jalur lokal,karena dengar2 dari orang selain mahal juga seperti tempat dimana orang2 yang gak lulus snmptn ,bisa mencoba jalur itu...dalam arti tempat akhir harapan...wahh aku gengsi dongg(sok ya hahha)..

Rupanya Tuhan berkehndak lain dalam petualangan hidupku untuk melayaniNYA,DIA masih menginginkanku untuk di sini melayani dan berbagi berkat buat anak-anakNYA.Wuaa,,aku baru sadar bahwa Tuhan ingin aku di sini...
Wah pedas masalah yang kuhadapi,bagiku aku gak lulus hampir membuatku gak yakin akan kuliah ....Tuhan mampukan aku,...aku mau melayani dan juga bisa kuliah...


Aku ingin menghindar dengan caraku untuk lulus di tempat lain,,karena pedas yang kurasakan,tidak adanya perkembangan dalam pelayanan ini,dan blablabla...


Pada saat itu aku diingatkan dengan sebuah firman "Marilah kepada-Ku,semua yang letih lesu dan berbeban berat,Aku akan memberikan kelegaan kepadamu.Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah padaKu,karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan"


Aku mulai belajar menyandarkan dan mengandalkan Tuhan dalam semua pelayananku dan pendidikanku.Berjalan sesuai yang Dia mau dalam hidupku.Karena semua kuk (beban,masalah,tantangan) yang dipasang olehNYA itu enak dan bebanku pun ringan.










No comments:

Post a Comment