Thursday, November 29, 2018

Ada apa di Jogja?

Akhirnya niat ke Jogja terealisasikan juga . Agustus, 17-19 2018 , artinya sekitar 4 bulan lalu berkesempatan kesana, sekalian mengunjungi si Yos, si adek yang lagi kuliah di sana.

Aroma Jogja terasa saat melintasi jalanan dari bandara adisucipo menuju ke kosannya di mangunraharjo , sleman.

Hari itu(hari pertama) juga bersiap siap untuk berwisata ke Borobudur dan Gereja Ayam Punthuk Setumbu.

Jarak tempuh dari Sleman ke Magelang Candi Borobudur 37km dan memakan waktu 1 jam-an untuk sampai disana. Ini sedikit sejarah candi Borobudur . Dari bentuk candinya kita pasti ingat pelajaran sejarah bahwa itu peninggalan kerajaan beragama Budha. Pembangunan candi Borobudur pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Candi ini dibangun oleh para pengikut agama Budha yang beragama Mahayana yang terjadi pada tahun sekitar 800 masehi.

Perjalanan cukup panjang gengs, naik motor siang2 dibonceng Yos , puji Tuhan untung jalanan tidak macet yaa. Dan semua lelah terbayarkan karena udah sampai disana.

Mungkin dikarenakan hari libur juga maka di kawasan Borobudur padat pengunjung , lain kali kalau kesana pas bukan momen liburan kali yaaa jadi tidak terlalu ramai dan syahduuu hahahaha. Kalau rame agak susah cari celah2 berfoto karena semua orang berebut di tempat tempat tertentu untuk foto wkwkwkwkw.

Apa aja yang bisa dilakukan di kawasan candi itu ? Nah menaiki candi sampai bagian atas stupa.




Karena udah sampai dibagian atas, kita bisa melihat pemandangan sekeliling candi yang menyejukkan mata. Angin sepoi2 menerjang rambut, terasa udara sejuk menusuk lembut di hidung hehehe. Harus bawa air mineral banyak , karena haus menaiki tangga2 candi , belum lagi agak tinggi2, tapi so far.. saya menikmatinyaaa.




Setelah 1 jam disana, berlanjut ke ke lokasi Gereja Ayam yang berada di bukit Rhema di daerah Setumbu, memakan wakti 15 menit-an dari kawasan Borobudur. Lokasi gerejanya jauh ternyata dari loket tiket, harus jalan  mendaki lagi keatas. Tapi ga papa, ada hiburan ketemu burung owl tercantik di tepi jalan mendaki, nah singgah bentar foto sama snow namanya. Harga tiket masuknya 15K , bisa foto sepuasnya dan nanti disuguhi singkong.

with snow


Disana ada banyak fasilitas, mulai dari toilet, cafe, ruang doa, sholat. Aku dan Yos masuk juga mengitari ruang disana dan ada lukisan2 tembok yang menginfokan bahwa disana juga tempat rehabilitasi penyandang cacat dan narkoba. Wah bagus yaaa.


Nah mau kepuncak bangunannya mesti antri dan menaiki 3 lantai lagi, tapi ga papa harus kesana dong..., pemandangannya indahhh apalagi pas di sore hari waktu itu terlihat langit2 berwarna merona, dengan angin yang lembut menyapu pipi2 dan rambut kami.




Bersyukur melihat keindahan ciptaan Tuhan dari atas bagunan ini sambil minum susu kopi.



Just info gengs,, penampakan bangunannya memang mirip seperti ayam yaa tapi itu sebenarnya dirancang bangunan yang berbentuk burung merpati. Kok aku tau? Karena ada tour guidenya yang menjelaskan tentang bangunan itu.

Nah, sedap ya. Kapan kapan kesana lagii deh, diwaktu yang tepat.


-karen-








Wednesday, November 28, 2018

Si Nona dari Kota Duri

Kehidupan terus berjalan☺.. hehehe, ada yang di kantor kedatangan teman baru, ada yang kehilangan teman sepatner kerja karena resign ataupun telah selesai masa kontrak dan berbagai hal alasan lainnya.

Tepatnya aku kenal sama si nona satu ini sudah setahun. Setahun bersama bertugas , setahun bersama menikmati berbagai suka duka dan tentunya mengemuk bersama dengan makanan-makanan setiap sorenya.

Ini sudah bulan November, Bulan lalu akhir Oktober tepatnya, dia menyelesaikan masa baktinya duluan. hehehe, pastinya untuk suatu tujuan perencanaan kedepannya untuk masa depannya.

Jadwal nongkrong kami bisa dihitung diluar hanya beberapa kali, mungkin satu eh dua eh atau berapa yaa lupa, pokoknya ga sampe 5 kali, minum di chatime, makan ayam geprek , lalu apa lagi aku pun tidak ingat, karena yang kuingat kebersamaan saat di kantor sering makan di sorenya wkwkwkkw.

Awal kenalan, kukira dia kurang care karena pas pertama ketemu, mukanya sedikit jutek wkwkwkwkw, nah pelajaran nih, jangan nilai orang dari perjumpaan pertama, maaf Nov!!

Dia termasuk jajaran senior karena 1 tahun lebih dulu disana, jadi aku banyak hal belajar menyelesaikan tugas-tugas dari dia. Owooppp tapi dia aslinya senior yang care kok,, hahaha.πŸ˜‚
ini kami bertiga waktu ituπŸ˜€


Kesukaannya mendendangkan lagu sepulang kerja sambil beres-beres lalu lagunya disambung si bang yudhi , pokoknya mereka berdua teman lagu yang kocak.

Lama-lama kami seperti keluarga, bayangkan dari pagi ampe malam kadang, ya pasti sudah lama menghabiskan waktu bersama di kantor, dan si nona kota duri tadi bukanlah seperti yang kubayangkan dan pikirkan di awal perjumpaan.

Nah,  untuk  seputar makanan, aku satu selera sama Nova ,...kukira bisa terjadi karena kami sama2 nerimo hahahaha, dan tidak banyak permintaan. Jadi apa yang menurutku enak, menurutnya enak, menurutnya enak, menurutku enak.



Nah sekarang , aku belum menemukan teman makan yang kocak dan bawel sepertimu Nov .
Kuharap kau sehat selalu, dan sukses buat kedepannya.
Jangan rindukan aku karena itu berat buatmu. Tatap aja warna benda-benda pink itu saat kau rindu..hehehe.

Aku disini sehat dan baik.

Kasih Tuhan memberkatimu.


-karen-

Tuesday, November 27, 2018

Aku tidak ingin melihatmu berkeringat...

Aku diberkati lewat salah satu topik di buku grace on business. Judulnya Jangan berkeringat!


Akibat manusia jatuh ke dalam dosa , manusia berpeluh untuk mencari roti. Dosa menyebabkan peluh manusia dalam dunia kerja. Dosa menjadikan manusia berkeringat, maksudnya disini peluh bukan secara harafiah tetapi rohaniah.. Roh kita yang berkeringat karena dosa, peluh kekuatiran, peluh kecemasan, peluh kebimbangan, peluh trauma, dan peluh ketakutan. Allah sangat benci dengan berkeringat . Allah tidak suka dengan bau keringat, bau usaha manusia. Di dalam Taurat , pakaian seorang Imam Besar pun harus terbuat dari kain lenan. Mengapa kain lenan ? Karena kain ini menyerap keringat !

"Dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu(roti)."Kej 3:19

"Mereka harus memakai destar lenan dan memakai celana lenan, tetapi jangan memakai ikat pinggang yang menimbulkan keringat ." Yeh 44:18

"Baju efod itu harus dibuat mereka dari emas, kain ungu tua dan kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya : buatan seorang ahli ." Kel 28:6

Tidak boleh ada keringat yang menetes di Ruang Maha Kudus. Itu sebabnya seorang Imam Besar harus memakai pakaian dari kain lenan untuk menyerap keringatnya. Ini adalah sebuah prinsip yang sangat dahsyat. Di depan tabut perjanjian , Allah hanya menginginkan darah bukan keringat ! Peluh keringat melambangkan usaha manusia.

Tetapi syukur kepada Allah, 2000 tahun lalu Yesus turun ke dunia untuk menebus dan menyelesaikan "keringat" ini. Di taman Getsemani, hatiNya sangat hancur dan Dia sendirian di sana , untuk kita .(Kata Getsemani berarti "wine press")

"Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. PeluhNya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah" Lukas 22:44

Aku selama ini mengetahui bahwa penebusan terjadi di atas bukit Golgota, tetapi ternyata lebih radikal lagi , penebusan pertama kali terjadi di taman Getsemani.

Taman Getsemani adalah penebusan taman Eden. Hanya di taman Getsemani, Yesus mengajukan permintaan kepada BapaNya " Ambillah cawan ini..", "Jikalau cawan ini tidak berlalu...". Artinya penebusan di taman Getsemani sangat berat . Apa yang ditebus Yesus di taman Getsemani ? Kutuk kerja keras!




Taman Eden             ➡   Peluh (Kejadian 3:19)         ➡   Kutuk
Taman Getsemani   ➡   PeluhNya menjadi darah  ➡   Berkat

Peluh menunjukkan bahwa manusia tidak membutuhkan "usaha Allah" tetapi menyanjung "usaha manusia". 

Darah dan keringat menyatu di taman Getsemani. Ini adalah proklamasi surga bahwa kerja keras manusia telah berakhir ! Kutuk kerja keras berhenti di peluh Yesus.

Soo,,, "keringat" kita sudah ditebusnya dengan darahNya.


Sumber : Grace on Business (Ps Daud Putranto)



-Karen-

Monday, November 26, 2018

Invisible Journey (Iman) 2

Kepercayaan yang Benar Menghasilkan Pemikiran yang benar


  • Untuk percaya benar➡ anda butuh pewahyuan ➡ anda butuh Roh Kudus
  • Untuk berpikir benar ➡anda butuh pengetahuan ➡ anda harus belajar dan diajar
Jalan masuknya melalui iman.

Iman➡Iman
Roma1:17

Roma 1:17 (TB)  Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman."

Habakuk 2:4 (TB)  Sesungguhnya, orang yang membusungkan dada, tidak lurus hatinya, tetapi orang yang benar itu akan hidup oleh percayanya.

Iman (tidak terlihat) ➡ Pengenalan Kristus(detik-menit-jam-hari-minggu-bulan-tahun) ➡ iman (tidak terlihat)

Sumber : grace on leadership , the passion translation ibrani.

-karen-



Sunday, November 25, 2018

Read the Author not the book

Kali ini tertarik mengupas dari buku grace on leadership . Salah satu quotenya "Read the Author , not the book".Baca penulisnya dan bukan bukunya.
 
Semua orang bisa memiliki Alkitab, tapi tidak semua orang bisa membaca alkitab. Why??

Alright then cekidoooot.

Siapakah penulis 66 kitab dalam Alkitab? Kurang lebih 40 orang. Iya itu benar , mereka adalah penulis yang menuangkan wahyu dalam bentuk tulisan. Namun demikian semua tulisan itu diwahyukan oleh Satu Pribadi : Roh Kudus! Artiny meskipun 66 kitab ditulis oleh penulis dengan latarbelakang dan waktu yang berbeda beda, maka sebenarnya Alkitab hany berisikan satu topik saja, karena Roh Kudus hanya bersaksi tentang Yesus Kristus.

Yohanes 5:39-40 " Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,
namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu."

Alkitab tidak berisikan sesuatu (filsafat, nilai nilai moralitas atau bahkan filsafat) tetapi Seseorang. Alkitab adalah buku tentang Yesus Kristus saja. Jadi ketika kita membacanya dengungkan pertanyaan ini di dalam hati : dimana Yesusnya.....dimana Yesusnya.... 

Dalam Perjanjian Lama, Yesus "disembunyikan", entah dalam tipologi, metafora ataupun cerita. Sedangkan dalam Perjanjian Baru , Yesus sudah disingkapkan ( revealed).

Jadi aku pun belajar tidah harus membaca alkitb tetapi wajibb mengenal Kristus yang ditemukan dalam pendalaman Alkitab.

Jadi point pentingnya Firman Tuhan itu suatu Pribadi.

Yohanes 1:14 "Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran."




Sumber : grace on leadership







Invisible Journey (Iman)

Ibrani 11:1 (TB)  Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
🌟🌟
Bahasa aslinya "Iman membawa pengharapan menjadi kenyataan dan menjadi fondasi yang dibutuhkan untuk memperoleh hal2 yang kita rindukan. Iman adalah bukti yg diperlukan untuk membuktikan apa yang masih belum terlihat."

Ibrani 11:3 (TB)  Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.
🌟🌟
 Bahasa aslinya

"Iman memberdayakan kita untuk melihat bahwa alam semesta diciptakan dan secara indah dikoordinasikan oleh kuasa firman Allah!Dia berfirman dan dimensi yg tdk kelihatan melahirkan segala sesuatu menjadi nyata."

⬇sejalan
Roma 10:17
Jadi,iman timbul dari pendengaran oleh firman Kristus
🌟🌟
 Bahasa aslinya "Jadi iman,kemudian lahir di dalam hati yg meresponi ucapan yg diurapi dari Allah tentang Dia Yang Diurapi
➡"ucapan tentang Yang Diurapi, kata Yunani rhema berfokus pada kata yang diberitakan (diucapkan). Bahasa Aramanya "iman datang dari telinga yang mendengar,dan telinga yang mendengar datang dari firman Allah."

Orang benar akan hidup oleh iman

Ibrani 10:38 (TB)  Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya."

🌟🌟
Bahasa aslinya
"Orang2Ku yang benar akan hidup dari imanKu.Tetapi jika ketakutan menahan mereka ,jiwaKu tidak puas dengan mereka!"

Iman bergerak dalam kekekalan
" sebab kami tidak memperhatikan yg kelihatan,melainkan yang tak kelihatan ,karena yang kelihatan adalah sementara sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal ." 2 kor 4:18

Believing produces loving


  • Iman menghasilkan pengharapan namun pengharapan tidak pernah menunjukkan kualitas iman kita
  • Semakin besar iman seseorang semakin kecil pengharapan
  • Dalam iman ada kekuatan dalam pengharapan banyak kelemahan
  • Orang beriman memiliki kesudahan segala sesuatu , orang pengharapan hanya memiliki keykinan dan kepastian
Sumber : grace on leadership, the passion translation ibrani.
Bersambung ke bagian 2....




-karen-

Selamat Hari Guru Mama

Cerita tentang seorang bunda yang kasihnya sepanjang masaaa.😊

Mama , ibu tersabar seduniaaaa, hahahah, sabar mengajar kami dari kecil sampai sekarang bahkan anak2 lainpun di ajarnya sampai pernah aku bertanya "sayang mamak samaku?" 😁😁😁😁 pertanyaan yang sudah pasti aku tau jawabannya.
 Sabar merawat kami dalam banyak hal , sabar membimbing kami, sabar mendengarkan kami dalam banyak hal seperti tentang pelayanan, pekerjaan , dkk. Sabar menunggu kami tepatnya pas dalam kandungan itu kesabaran yang mahal .

Kesenangannya adalah mengajar dengan penuh cintaaaa. Sehingga orang disekitarnya bukan hanya berbunga- bunga tapi diberkatiii.

Nah bakatnya mengajar itu nurun ke kami cuman dia paling top diantara kami. Anak2 paud yg diajarnya lengket dengannya.

Selain mengajar, mengambar , melukis, membaca juga adalah kesenangannya. Beliau bisa berjam2 menghabiskan waktu untuk membaca buku , menatap natap gambar yang akan dipersiapkannya untuk paud , mewarnai peragaan yang akan ditampilkannya ke anak-anak. Ada ada saja ide - ide kreatif mama untuk membuat anak2 tertarik melihat hasil karyanya.
Aku memang juga bisa menggambar tetapi beliau jarang membebani kami untuk membantunya melakukan itu semua, karena beliau sangat menikmati untuk melakukan itu semuaa..

Lukisan dinding tempat bermain paud adalah hasil karyannya juga , sabaart banget dibawah terik matahari waktu itu. Semuaaa karena dia menikmati dan cintaa anak2.

salah satu hasilnya di dinding depan paud





Banyak hal yg menjadi kesenangannya yang berdampak bagi keadaan sekitar. Aku banyak belajar untuk menikmati segala yang kita lakukan seperti yang mama buat.


Kolose 3:23 Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.




Selamat hari guru maaa!!!!!
Love you. 



-karen-

Saturday, November 24, 2018

Melebihi Kebahagiaan

Hari itu sangat ramai, puadat.. papan-papan ucapan selamat berbahagia menghiasi jalan2 sekitaran salah satu jambur di medan(aku lupa nama jamburnya).

Pagi2 harus bersiap dan buruan ke jambur....

Kenapa aku ada disana? Nah itu yang penting karena aku lagi ikut berbahagia untuk saudara sepupuku yang merayakan hari bersejarahnya hari itu.

Rona merah , lipstik merah, kebaya merah , dan tudung coklat melengkapi penampilan sepupuku. Raut kebahagiaan terpancar dari sang mempelai laki dan wanita. Sekali-kali mereka saling bertatapan dan menguatkan dengan gengaman tangan. Wuiihhh keren ga bahasakuπŸ˜πŸ˜‚

Persiapan yang sudah berbulan2 mereka siapkan untuk hari yang ditunggu2 sudah didepan mata. Banyak hal yang dipersiapkan pastinya, konseling, undangan, prewed, konsumsi, pakaian dkk . 

Aku bersyukur ada satu hal yang tidak terlupakan yaitu doa dan chat  ataupun telponan dengan sepupuku ini. Maklum dia di medan dan aku di pekanbaru.

Waktu itu di hari ultahnya sebulan sebelum dia menikah aku mengirimkan sebuah buku , judulnya "Grace on Marriage" .
Buku yang dapat membuka wawasan dan membantu kita untuk menyadari akan campur tangan Tuhan dalam pernikahan walaupun penulis belum menikah boleh baca juga wkwkwk , biar bisa jadi konselor suatu saat πŸ˜ƒ. Nah dia pasti senang dikasih itu hehehehe.πŸ˜€πŸ˜€

Salah satu isi di buku itu :  pernikahan kita diciptakan oleh Dia.Dasar pernikahan adalah Kristus dan tujuan pernikahan adalah Kristus. Menikah bukan karena kebahagian semata oleh tentang apa yang kita miliki atau apa yang kita dapatkan tetapi kebahagiannya adalah tentang Siapa yang kita miliki. Jika kita menginginkan Kristus dalam pernikahan , kita mendapatkan lebih dari sekedar kebahagiaan. Jika menikah hanyalah supaya bahagia itu bukanlah pernikahan yang sesungguhnya yang dirancangkan Allah, karena Allah tidak pernah merancangkan pernikahan untuk kebahagiaan. Allah merancangkan pernikahan untuk diriNya sendiri. 

"Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." πŸ‘‰ melebihi kebahagiaan bukan janjiNya Tuhan .😁  teduhhhh yaa.


Jadi selamat buat sodaraku angela , kasih Tuhan melebihi kebahagiaan mengalir dan melipahi keluargamu.

kiri ke kanan : aku,felys(adik),bang irja, angela(sepupu),princess(sepupu),tulang(paman)
11 mei 2018

"....segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia" 
-kolose 1:16-



Sumber : grace on marriage , the passion translation ibrani.


-karen-


Rumahku

Ensiklopedia bilang rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu.

Ada yang tinggal dirumah mewah,besar, susun, adat, sederhana dan macam2 rumah lainnya. Ada yang betah tinggal dirumah atau ada jugs yang menjadikan rumah hanya persinggahan melepas lelah. 

Ok , tapi rumahku kali ini akan mengiurkan kalian.
 Inilah rumahku

jauh dekat di hati😘❤

with felysia alodia ginting
with yosafat putra suka ginting




YaaaaπŸ˜ƒπŸ˜„πŸ˜ƒ mereka adalah rumahku. Selain kedua orangtuaku. Mereka adalah rumahku yang menerima aku dengan sukacita, mendengarkan bahkan hal jelek sekalipun mereka tetap menjadi rumah yang ada untuk saling mendukung. Aku tak perlu di tata habis habisan untuk diterima, karena mereka akan selalu ada mendukungku.

Dan sekarang, walaupun ada yang di jogja dan kami bedua disini, aku yakin si yos pasti merindukan kami disini rumahnya wkwkkww, apalagi si yos ini.


Kalian juga pasti punya "rumah"(sodara) yang menarik hati kalian untuk rindu pulang.

Kalau begitu jangan tunda2 telepon "rumah" mu, dan katakan,
"Hey apa kabar? Aku sudah rinduuuu"



Nah ada nih ternyata di Ibrani 13:1 "Peliharalah kasih persaudaraan! "


See yaaa.


-karen-




Friday, November 23, 2018

Setelah 5 tahun

Haiiii...,

Apa kabar ? Setelah berapa lama tidak ketemu di blog , aku kangen kalian uyyy, heheheh. Harapannya baik dan sehat yaaa. Tapi kalau kalian ga kangen juga gpp, aku iklas (lahh) πŸ˜‚

Wah udah 5 tahun menghilang dari blog ini hahaha. Seru juga yaa tidak hanya blog ini yg mengalami perubahan tetapi penulisnya juga😁

Tentunya kalian juga mengalami perubahan yaa setelah 5 tahun, ehehe contohnya yang dulu baca blog ini masih kuliah sekarang mungkin udh kerja atau udah berkeluarga, yang 5 tahun pas baca masih single sekarang udh pada nikah 😁.

Kalau 5 tahun lalu penulisnya anak kuliahan nah sekarang anak kerjaa, dulu penulisnya pangjang rambut sekarang pendek rambut pake crayon lagi πŸ˜‚(mau kasih tau bahwa saya juga ikut perkembangan zaman rambut).

Foto setelah 5 tahun πŸ˜‰


Kalau dulu kosakatanya masih sedikit sekarang walaupun ga ditest pasti bertambah kosakata komunikasi yang elegan wkwkwkkw .

Kalau 5 tahun lalu agak malas baca buku sekarang udh banyak koleksi buku dan baca buku.

Kalau 5 tahun lalu hanya tau beberapa chord gitar sekarang udh meningkat sedikit taunya.

Kalau 5 tahun dulu aku sedikit kurang cekatan sekarang udah mulai cepat dan cekatan menangapi bahkan menyelesaikan tugas. Puji Tuhan.

Tanpa kita sadar kita melalui proses itu semua. Mengalami perubahan setelah 5 tahun, tentunya perubahan pola pikir yang sangat penting. Saat kita mengalami perubahan pola pikir tidak hanya karakter kita yan berubah tetapi segalahal yang berkaitan dengan kita juga akan mengalami perubahan kearah yang lebih baik.

Perubahan itu tidak terburu2 , dipaksa tetapi dia akan berubah tanpa kita sadari dan orang dapat merasakan buahnya dari perubahan kita. So jadi jangan kawatir jikalau selama 5 tahun berlalu kita rasa kita tidak mengalami kemajuan dan perubahan. Kita pasti mengalaminya cuman kita tidak sadar hehehe. Karena itu bukan hal yang kelihatan. Apa yang tidak kelihatan lebih bersifat kekal hehehe.

Kalau dulu aku pribadi mengasihi supaya orang balik mengasihiku, tetapi sekarang melalui kebaikan Tuhan lewat bible reading, aku tau bahwa aku mengasihi karena Tuhan terlebih dahulu mengasihiku. Aku diberkati bukan supaya orang memberkatiku tetapi karena aku sadar telah diberkati lebih dulu oleh Tuhan.

So bagaimana dengan kalian? Setelah 5 tahun kalian lewati...
Kalian juga mengalaminya tinggal keputusan kita , apakah mengalami perubahan lebih baik atau sebaliknya. πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜†.


Colossians 1:17"  He is before all things, and in him all things are held together"

-karen-