Tuesday, November 27, 2018

Aku tidak ingin melihatmu berkeringat...

Aku diberkati lewat salah satu topik di buku grace on business. Judulnya Jangan berkeringat!


Akibat manusia jatuh ke dalam dosa , manusia berpeluh untuk mencari roti. Dosa menyebabkan peluh manusia dalam dunia kerja. Dosa menjadikan manusia berkeringat, maksudnya disini peluh bukan secara harafiah tetapi rohaniah.. Roh kita yang berkeringat karena dosa, peluh kekuatiran, peluh kecemasan, peluh kebimbangan, peluh trauma, dan peluh ketakutan. Allah sangat benci dengan berkeringat . Allah tidak suka dengan bau keringat, bau usaha manusia. Di dalam Taurat , pakaian seorang Imam Besar pun harus terbuat dari kain lenan. Mengapa kain lenan ? Karena kain ini menyerap keringat !

"Dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu(roti)."Kej 3:19

"Mereka harus memakai destar lenan dan memakai celana lenan, tetapi jangan memakai ikat pinggang yang menimbulkan keringat ." Yeh 44:18

"Baju efod itu harus dibuat mereka dari emas, kain ungu tua dan kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya : buatan seorang ahli ." Kel 28:6

Tidak boleh ada keringat yang menetes di Ruang Maha Kudus. Itu sebabnya seorang Imam Besar harus memakai pakaian dari kain lenan untuk menyerap keringatnya. Ini adalah sebuah prinsip yang sangat dahsyat. Di depan tabut perjanjian , Allah hanya menginginkan darah bukan keringat ! Peluh keringat melambangkan usaha manusia.

Tetapi syukur kepada Allah, 2000 tahun lalu Yesus turun ke dunia untuk menebus dan menyelesaikan "keringat" ini. Di taman Getsemani, hatiNya sangat hancur dan Dia sendirian di sana , untuk kita .(Kata Getsemani berarti "wine press")

"Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. PeluhNya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah" Lukas 22:44

Aku selama ini mengetahui bahwa penebusan terjadi di atas bukit Golgota, tetapi ternyata lebih radikal lagi , penebusan pertama kali terjadi di taman Getsemani.

Taman Getsemani adalah penebusan taman Eden. Hanya di taman Getsemani, Yesus mengajukan permintaan kepada BapaNya " Ambillah cawan ini..", "Jikalau cawan ini tidak berlalu...". Artinya penebusan di taman Getsemani sangat berat . Apa yang ditebus Yesus di taman Getsemani ? Kutuk kerja keras!




Taman Eden             ➡   Peluh (Kejadian 3:19)         ➡   Kutuk
Taman Getsemani   ➡   PeluhNya menjadi darah  ➡   Berkat

Peluh menunjukkan bahwa manusia tidak membutuhkan "usaha Allah" tetapi menyanjung "usaha manusia". 

Darah dan keringat menyatu di taman Getsemani. Ini adalah proklamasi surga bahwa kerja keras manusia telah berakhir ! Kutuk kerja keras berhenti di peluh Yesus.

Soo,,, "keringat" kita sudah ditebusnya dengan darahNya.


Sumber : Grace on Business (Ps Daud Putranto)



-Karen-

No comments:

Post a Comment