Thursday, March 7, 2019

Kasih itu...

"Apakah anda orang yang dicari oleh orang yang anda cari?"

wahh...kalimat yang padat namun membuat kita berfikir.
Aku tidak bisa membagikan hal bagaimana menjadi orang yg lebih baik dan menjadi orang yg lebih dicari tapi alkitab dapat membagikan banyak hal tentang ini. Mari kita lihat bersama tentang apa yang ditulis oleh rasul paulus tentang kasih di 1 kor 13.Walaupun kedengarannya agak idealis dalam daftar Paulus ini tentang kasih dan sukar dilakukan, kita semua pasti sepakat bahwa umumnya point yang ada disitu juga ada dalam daftar kits sendiri kalau bicara soal orang yang kita cari dan mencari kita heheheh....😁

👒Kasih itu sabar
terjemahan bahasa Yunani dari buku Tpt adalah Kasih itu besar dan luarbiasa sabar, kasih menanggung perlakuan buruk dengan sabar, bahkan dalam hubungan yang sulit atau bahasa aramnya adalah Kasih mengubah roh.

Andy stanley menjelaskan panjang mengenai kasih yang sabar. Kesabaran berarti keputusan untuk berjalan sesuai dengan kecepatan orang lain dan bukan mendesak dia supaya mengikuti kecepatan anda. Kesabaran berarti memilih untuk bekerja dibawah kemampuan anda demi bisa menyejajarkan diri dengan seseorang yang lain.

👠Kasih itu murah hati
terjemahan Tpt nya kasih itu lemh lembut dan terus menerus berbaik hati kepada semua orang.

Murah hati artinya meminjamkan kekuatan kepada orang lain, ketika kita bermurah hati , kita memberikan kekuatan , kemampuan dan sumber daya kita untuk dipakai oleh seseorang yang tidak memilikinya. Kemurahan hati sama seperti kesabaran yang adalah sebuah keputusan bersifat tanpa syarat. Tujuan kemurahan hati adalah demi kebaikan orang yang menerimanya.
Apakah anda sudah murah hati?☺😆 karena ini unsur terpenting didalam hubungan asmara.....(kutip andy stanley)

👟Kasih tidak cemburu
Nah versi Tpt bahasa yunaninya kasih tidak cemburu ketika berkat datang kepada orang lain.

Pemikiran tentang adanya rasa cemburu , iri hati muncul jika keberhasilan orang lain menjadi sebuah ancaman.
Andy stanley menjelaskan apa yang perlu kita lakukan ketika sadar bahwa kita punya masalah cemburu dan iri hati..,sederhana sajaa., pada saat kit melihat orang terdekat atau disekitar kita berhasil maka abaikan dorongan yang timbul untuk mengkritik atau merebut perhatian, sebaliknya turutlah bergembira. Jangan bersikap netral. Jangan menahan lidah anda dan mesti memulai dan terlibat. Waw....mari kita belajar bersama.

👜Kasih tidak memegahkan diri dan tidak sombong
Terjemahan Tpt nya Kasih tidak menyombongkan tentang prestasi yang dicapai dan juga tidak menonjolkan bahwa diri sendirinya adalah penting.

💼Kasih tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.
Terjemahan Tpt nya : Kasih tidak membuat malu dan merendahkan orang lain, juga tidak egois mencari penghormatan bagi diri sendiri. Kasih tidak mudah marah atau cepat tersinggung.

Berikut penjabaran dari andy stanley , kesopanan menjadi inti dalam hubungan yang erat. Bahkan apabila anda jatuh cinta kepada seseorang yang telah mempersiapkan diri untuk , dan berkomitmen untuk, bersikap sopan kepada anda...anda adalah orang yang beruntung.
Kesopanan berbicara tentang membawa versi terbaik diri anda kedalam sebuah hubungan. Kesopanan juga dilakukan dengan cara menghargai lewat sikap melindungi.
Kesopanan itu mau menunggu, mau menyerah , mau memberi jalan. Kesopanan mengambil setiap kesempatan yang ada untuk berkata "kamu duluan". Menariknya Paulus tidak menyatakan kesopanan sebagai sesuatu yang tidak boleh tidak dilakukan. Paulus berkata ,"kasih tidak melakukan yang tidak sopan", kasih tidak pernah menyerah. Kesopanan bukanlah kasih yang dilakukan pada hari2 tertentu tetapi kesopanan dilakukan setiap hari.

Daftar berikutnya kasih itu tidak mencari keuntungan diri sendiri , dengan kata lain kasih mengutamakan kepentingan dan kebutuhan orang lain terlebih dahulu.

Kasih tidak pemarah seperti dalam bahasa yunaninya dipanas panasi atau diaduk aduk. Kasih tidak punya sumbu pendek, kasih bisa duduk dan mendengarkan dan menyerap dan melihat segala sesuatu dalam perspektif yang benar. Perhatikan apa saja yang bisa mengaduk perasaan anda yang lebih cepat dari pada seharusnya, begitu sudah menemukan polanya mulailah bekerja. Dengan begitu anda akan menjadi orang yang dicari oleh orang yang anda cari.

Kasih tidak berbicara soal siapa yang menang tetapi soal mengalah.

Hufff marii kita belajar bersama ,,,hehhehe

Perlu istirahat sejenak?
Tidak?
Ayoo lanjutkan lagii...

👓Kasih tidak bersukacita karena ketidakadilan tetapi karena kebenaran.
Terjemahan tpt: Kasih dengan sukacita merayakan kejujuran dan tidak bergembira karena apa yang salah.

Kasih memilih untuk melihat yang terbaik dan mempercayai yang terbaik sementara dengan sengaja mengabaikan sisanya.
Lawan kata ketidakadilan bukan kebenaran. Kata yunani yang diterjemahkan sebagai kebenaran juga bisa diterjemahkan sebagai keadilan, yang merupakan lawan kata ketidakadilan. Maksudnya kasih mencari dan mendukung perilaku yang baik. Tidak seperti orang yang senang menyimpan kesalahan, kasih senang mencatat orsng berbuat benar.

👔Kasih menutupi segala sesuatu ,percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.
Nahh.,,dalam nih versi bahasa yunani dari the passion translationnya : Kasih adalah tempat bernaung yang aman karena kasih tidak pernah berhenti memercayai yang terbaik bagi orang lain. Kasih tidak pernah menganggap kegagalan sebagai kekalahan karena kasih tidak pernah menyerah.

Wah ekstrim yaaa.
Kasih terus berharap dan percaya sekalipun keadaan mengatakan sebaliknya.

👖Kasih tidak berkesudahan
dari terjemahan the passion translation(tpt) : Kasih tidak pernah , bahkan tidak satu kalipun gagal (berhenti) ,kasih tidak pernah jatuh (kasih terus membumbung tinggi) , kasih tidak pernah berhenti mengasihi.

Dari semua kasih ituu...daftar paulus adalah kasih yang tidak bisa ditawar tawar oleh oran yang ingin bertemu dengan orang yang tepat karena kita sendiri adalah pribadi yang yang akan mengeluarkan dan menularkan yang terbaik dari pribadi kita karena Tuhan sudah memperlengkapinya dan bisa atau tidak itu adalah keputusan dari diri kita.

Siap menjadi orang yang dicari?
Mari baca kasih dan belajar menghidupinya dari si Sang Kasih itu sendiri.

Kutipan dari salah satu pembaca banyak buku translation the passion yaitu b'rian "iman itu enak tapi yang paling enak adalah kasih"

Selamat makan!!





Blessed u all.



-karen-


No comments:

Post a Comment