Sunday, April 26, 2020

Paskah Pertama - Roti Matzah - Perjamuan Kudus

Kisah Paskah pertama umat Israel sampai kepada penyingkapan perjamuan kudus yang kita ikut ambil bagian sampai sekarang. 
Melalui buku alkitab tentunya yang disanding dengan eat your way to life and health membukakan hal-hal terperinci yang menguatkan dan membuka mata kita, ok kita lihat satu persatu :

Orang-orang tua pada waktu itu memberitahu anak-anaknya bagaimana Tuhan telah memerintahkan orang Israel untuk memilih seekor domba yang tak bercacat bagi setiap rumah tangga. Tubuh domba tersebut harus dipanggang dan dimakan dengan roti tidak beragi dan ramuan pahit, sementara darahnya harus dioleskan pada ambang pintu dan dua tiang pintu rumah mereka (Kel 12:22)

>>Lihat pengolesan darah domba pada ambang pintu dan dua tiang pintu akan membentuk sebuah gambar salib.

Instruksi Tuhan tentang bagaimana orang-orang Israel harus makan domba Paskah : "Dagingnya harus dimakan mereka pada malam itu juga; yang dipanggang mereka harus makan dengan roti yang tidak beragi beserta sayur pahit. Janganlah kamu memakannya mentah atau direbus dalam air, hanya dipanggang di api, lengkap dengan kepalanya dan betisnya dan isi perutnya. (Kel 12:8-9)
Anggur dan Matzah (Pinterest)

>>"dipanggang dalam api ". Itu adalah gambaran tentang api penghakiman Tuhan pada Kristus, tubuhNya dibakar dan disengat dengan penyakit kita di kayu salib, dan Tuhan melepaskan pembalasanNya yang kudus dan kemarahanNya yang benar terhadap dosa-dosa kita dalam tubuh anakNya.

Tuhan juga memberitahu orang-orang Israel untuk mengambil bagian dalam domba Paskah dengan cara ini : 
"Dan beginilah kamu memakannya; pinggangmu berikat, kasut pada kakimu dan tongkat ditanganmu;buru-burulah kamu memakannya ; itulah Paskah bagi TUHAN. (Kel 12:11)

>> pinggang berikat , kasut pada kaki, dan tongkat di tangan mereka memberitahu mereka untuk bersiap bagi pembebasan fisik mereka bahkan saat mereka makan domba yang dipanggang. Ketika kita mengambil perjamuan , marilah kita mengambil bagian dengan iman dan pengharapan , mengharapkan mujizat kita terjadi dan pembebasan kita.


Oh iyaa seperti gambar  roti diatas dan gambar  roti berikut, adalah roti yang dipakai Tuhan Yesus ketika Ia memecahkan roti pada malam paskah (1 Kor 11:24) Namanya adalah roti matzah. Roti matzah adalah roti pipih seperti kerupuk yang secara khusus dipersiapkan untuk Paskah. Roti matzah adalah suatu pengingat visual yang praktis tentang apa yang Yesus telah derita untuk kesembuhan kita. Jika dilihat roti itu bergaris, berlubang dan dibakar. Kita bisa mengingat kembali apa yang telah Yesus jalani : 
  • Bergaris >> karena oleh bilur-bilur yang Ia tanggung ketika para prajurit mencambuk Dialah kita disembuhkan (Yes 53:5)
  • Belubang >> karena tangan dan kakiNya dilubangi oleh paku, LambungNya dilubangi oleh tombak prajurit (Yoh 19:34) dan dahiNya dilubangi oleh mahkota duri (Yoh 19:2)
  • Dibakar >> oleh karena api penghakiman Tuhan turun keatas Dia ketika Ia memikul dosa-dosa kita (Yes 53:4).
ROTI MATZAH(PINTEREST)
Sekilas matzah seperti roti gabin ya hihihi, jadi kalau misalkan ga ada roti matzah, atau roti bundar putih kecil yang ada tulisan ayat gitu pada saat perjamuan, ya bisa diganti dengan roti lain seperti gabin, intinya adalah kita ikut ambil bagian dalam memngingat akan pengorbanan Yesus yang telah selesai  dan utuh dalam hidup kita dan mengklaim semua janjiNya bagi hidup kita.

Itu sebagian dari banyak hal yang menggambarkan pengorbanan Yesus bagi kita , melalui paskah pertama.



blessed u. 


-karen, joseph prince








Wednesday, April 22, 2020

YUK semeja

Kali ini , pembahasan yang cukup serius tapi menarik mengenai tentang meja dan makan.😊😊
"Eh kak aku biasa makan ga pake meja tapi melantai"
"aku sih biasanya langsung berdiri aja comot makanan" wkwkkwkw (mungkin ada yang bilang gitu)
"aku ga perlu meja utk makan , aku hanya perlu kamuuu(uhuiiii, lope lope...)

Apapun meja dan makananya, ada sebuah pengertian yang sangat luarbiasa mengenai ini. Kita bisa mengatur pola makan dengan memakan sesuai diet dan kalorinya, tetapi belum tentu membuat kita sehat berkepanjangan, karena ada waktunya kita ingin makan yang lain yang lebih menantang seperti cemilan,mi instant, ciki2(banyak merek), es krim, dkk. Eiss tapi aku bukan bilang ga boleh makan sehat yaa, tetap makan sehat. 

Nah tetapi ada namanya makanan semeja dengan Tuhan yang membuat kita sehat mengingatkan kita akan kebaikanNya, bukan sekedar itu tetapi obat kesembuhan dalam hidup kita. 
Apa itu ? Kok bisa semeja? Tuhan kan disorga.....πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
Ok baca terusss... jangan ketinggalan sampai disituu...
Ginting bersaudara


Apa yang kumaksudkan tadi itu adalah perjamuan kudus.Mungkin pada kira, perjamuan kan hanya di gereja aja, pas minggu ke 2, kita mah ga kudus melakukan perjamuan, heloooowww????

Tahukah kamu ?? gereja mula-mula sangat mengerti betapa berkuasanya perjamuan kudus. Mereka tidak hanya mengambil bagian dalamnya hanya sesekali saja
Alkitab memberitahu kita bahwa mereka memecahkan roti "dirumah masing-masing secara bergilir " - kis 2: 46- . Ketika mereka bertemu di hari minggu, alasan utamanya bukanlah untuk mendengarkan kotbah dan pengajaran saja . "Pada hari pertama dalam minggu itu....kami berkumpul untuk memecah- mecahkan roti."kis 20:7.
Meskipun rasul Paulus adalah pembicara tamu pada akhir pekan itu, alasan utama mereka berkumpul adalah untuk semeja dan makan yaitu untuk memecahkan roti. S
Hmmm seandainya saja orang-orang hari ini tahu betapa besar kuasa yang ada dalam Perjamuan Tuhan, mereka akan menjadi seperti gereja mula-mula, mengambil bagian dalam perjamuan Tuhan sesering mungkin dan menerima sebanyak mungkin semua manfaatNya.

Mari kita selalu memeriksa diri kita, bukan karena dosa-dosa kita (karena dosa-dosa kita telah dibasuh oleh darah Yesus) , tetapi untuk memastikan kita mengambil bagian dengan sikap layak terhadap perjamuan Tuhan, dengan pewahyuan tentang pekerjaanNya yang sudah selesai .(dikutip dari Eat your way to life and health)

Ketika seorang perempuan non Yahudi datang kepada Tuhan Yesus untuk mencari kesembuhan bagi anak perempuannya yang kerasukan roh jahat, Ia menyebut kesembuhan sebagai "roti yang disediakan bagi anak-anak". Lalu apa yang wanita itu katakan kepada Dia ? " Hai ibu, besar imanmu,maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh- matius 15:22-28-

Menurut kalian dan aku, roti yang disediakan bagi anak-anak yang diletakkan di "meja tuannya" menggambarkan apa?? Perjamuan Kudus!!
Kita duduk di meja Tuan karena kita adalah anak-anak Allah yang Mahatinggi, dan kita mengambil bagian dalam Perjamuan Tuhan dengan cuma-cuma. Kalau "remah-remah" yang jatuh dari meja pun bisa menyembuhkan anak wanita tsb, betapa jauh lebih banyak kesembuhan dan kehidupan yg kita terima.

Perjamuan bukanlah sesuatu yang hanya sesekali yang kami lakukan di rumah, tetapi setiap hari mengambil perjamuan mengingatkan akan kemurahan Tuhan sehingga tidak hanya kesehatan yang kuperoleh tetapi kekuatan dan banyak hal yang membuatku tetap produktif.

Menarik yaa tentang meja ini, dulu setiap kali aku membaca kisah ttg wanita itu yang di meja tuannya, aku penasaran kenapa Yesus mengibaratkan tentang makan roti yang berhub dengan kesembuhan anaknya yang kerasukan. Ternyata Yesus menggambarkan tentang perjamuan Kudus.

Opppsss ada satu lagi :

Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman,
aku tidak takut bahaya,
sebab Engkau besertaku;
gadaMu dan tongkatMu, itulah yang menghibur aku;
Engkau mempersiapkan meja bagiku, di hadapan lawanku;
Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak;
pialaku penuh melimpah.
Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikut aku, 
seumur hidupku;
dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa. 
Maz 23:4-6

Tuhan mempersiapkan meja bagi kita dihadapan musuh-musuh.Rasul Paulus menyebut perjambuan k ada udus sebagai "meja Tuhan"- 1 kor 10:21.
So sekalipun rasa sakit ada di tubuh kita , Tuhan ingin kita datang ke mejaNya dan makan. Makan semua yang telah Tuhan Yesus lakukan bagi kita di kayu salib dengan mengambil bagian dalam perjamuan kudus. Kalau dirumah tidak ada roti bundar dan anggur, perjamuan kudus dengan pengganti roti jenis lain dan bisa dengan sirup, so ini bukanlah hal yang sulit kita lakukan, ini adalah kesempatan yang istimewa yang Tuhan kasih ke kita untuk se-meja denganNya.




Blessed u.



Ingat makan dan cuci tangan, stay health!!πŸ˜†πŸ˜†


-karen, joseph prince (eat your way to life and health)












Tuesday, April 21, 2020

MOVE ON aja


Kalau lihat judul diatas pasti secara umum menganggap move on berbicara mengenai masalah percintaan. Ya memang benar, tetapi alangkah lebih baik kita melihat artinya. Move on adalah serapan dari bahasa inggris yang berarti berpindah.

Jadi sebenarnya bisa diartikan juga berpindah dari pekerjaan satu ke satu lagi, bisa juga berpindah dari tantangan satu ke tantangan berikutnya, berpindah dari kebiasaan satu ke kebiasaan yang lebih baik, ber pindah dari kisah kasih yang lama ke yang akan datang (eakkk, ini yang paling org banyak tahu sepertinya)πŸ˜….

Sehari lalu , dengan percakapan serius antara aku dan yos (adikku) , muncullah pembahasan mengenai ini. Lebih tepatnya kami membicarakan tentang move on usaha. Jadi intinya supaya kita ga baper kalau lagi ga berhasil, Gagal itu pasti, gagal itu biasa, lemesin aja (Raguellewi's quote). Sembari mencari pekerjaan di masa pandemi ini, ya hitung-hitung berhadiah memikirkan bisnis apa yang bisa kita buat?? hehehehe, aku sih sebenarnya termasuk orang yang suka bekerja, suka dikasih tanggung jawab, nah sekarang harus move on menjadi membuat kerja sendiri dan membuat tanggung jawab sendiri terhadap ide yang dikeluarkan.

Kalau Yos mah ini udah beberapa tingkat lebih maju pemikirannya. Di kos aja dia bisa menghasilkan , caranya dengan menjual barang-barang bekas yang ada, apakah ada tantangan? Ya pasti, beberapa kali ada masalah seperti komplen si pembeli tetapi dapat diselesaikan dengan baik karena itu tadi kita harus percaya dulu dengan apa yang kita akan jual jadi kita tahu memasarkannya (begono kata Yos hahaha), lalu ada lagi pada mikir iih kok jual barang bekas sih , mungkin kayak rasa turuni harga diri yaa (aku pun paham ini). Dan jangan terlalu berlama-lama memikirkan masalah itu, santuii, ga semua barang bekas kualitas jongkok, ya kita harus melihat kualitas juga makanya perlu mengetahui banyak hal, dan so pasti semua ada jalan keluar (ini juga aku masih belajar, soalnya pemikir πŸ˜†πŸ˜†), dan kalau punya sesuatu(bisa barang, orang lain, dkk) , jangan tarok harga diri pada sesuatu itu karena itu bisa hilang, tapi kualitas kitalah yang perlu(diri sendiri), kalau Yos bilang cuek dikit karena ya seperti itulah medan perangnya hihihi. Nah , ini kira-kira salah satu medan perangnya, maksudku ide yang akan ditekuni "barkas"(sembari promo en jangan lupa follow , pasti di folback πŸ˜†πŸ˜†) 
ig barkas




So ini satu quote move on dari Yos :
Hidup terlalu berharga untuk menunggu sesuatu(bisa benda, pekerjaan, orang dkk)  yang tidak pasti , so cari ide lain karena Tuhan kasih kita ide kreatif.


Mentalitas pemenang dibutuhkan dalam masa move on, segala sesuatu yang dibelakang tinggal kenangan, kenangan tidak bisa diubah tetapi kita bisa buat kenangan baru yang pastinya lebih baik.
So kalau hari ini lagi susah move on dalam berbagai hal, jawabannya tinggal cara men set pikiran kita.
Susah move on itu reaksi dari opini yang kita buat. Jadi kita bisa set pikiran kita dengan mengubah opini yang baik ,sehingga menghasilkan reaksi yang baik. Faktanya ya tetap sama, mungkin kita dikecewakan terhadap orang laian, atau pekerjaan yang kita mau tapi kita tidak diterima, atau kita berbuat sesuatu tetapi tidak digubris, atau banyak hal lainnya.
Yos
Contoh utk mengubah opini =
Reaksi : Kenapa suka galau ? susah move one.
Fakta : dikecewakan
Opini : merasa tidak berharga

Nah lebih baik seperti ini
Reaksi : Move on
Fakta : dikecewakan
Opini : Aku adalah orang yang berharga.

Dalam masa move on apapun itu, waktu tidak akan menyembuhkan tetapi waktu akan menyembunyikan, tetapi apa yang kita lakukan dalam waktu itulah yang menyembuhkan (Riko Karangetang)


Ok tetap stay at home, dan ingat rajin cuci tangan πŸ˜†.
Oh iyaa , Selamat hari kartini , ibu2, tante2,kakak2, nantulang, namboru, opung, dan semua wanitaa. Kalau dulu ibu kartini saja bisa move on dari masanya yang minim pendidikan bagi kaum wanita karena wanita ditugaskan menjaga gawang di rumah ,nah bisa move on membawa perubahan emansipasi wanita.So, tetap semangat, Tuhan udah kasih ide kreatif tinggal kita mengelolanya. Selamat!!!!


Blessed u.



karen, yos





Sunday, April 12, 2020

Cukup Sudah buktinya



Selamat paskah!!!!😊😊😊



Ini tulisan ke dua di tahun ini, di moment paskah hehehe
Walaupun tidak bertemu keluarga-keluarga di gereja atau teman, sodara, teman –teman, adek-adek, sukacita kita tidak dibatasi itu semua, sebab sukacita terbesar kita adalah menyadari bahwa kita adalah sukacitanya Tuhan, karena Tuhan udah memperjuangkan kita sebegitunya dan sekarang kita mengingat kembali kisahNya dan tentunya akan menjadi sejarah terbaik dalam kehidupan kita yang dimulai oleh kemenangan Yesus di kayu salib itu menggantikan kita semua.
So, hari ini aku mau berbagi sebuah kisah , siapa ya? 
Yang pasti bukan Tomas dari desa sigunggung , dimana sesuatu hal yang mengubahkan Tomas melalui ketidakpercayaannya.
bobgoff puppet

“Tetapi Tomas , seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus , tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ. Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya : “Kami telah melihat Tuhan!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka :”Sebelum aku melihat bekas paku pada tanganNya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambungNya , sekali-kali aku tidak akan percaya.” –yoh 20:24-25

Yesus telah dibangkitkan dari antara orang mati. Ia menampakkan diri kepada sebagian muridNya setelah kebangkitanNya, namun Tomas tidak hadir bersama mereka. Tomas mendeklarasikan bahwa kecuali ia bisa melihat Yesus, mencucukkan jarinya ke dalam bekas paku pada tanganNya, dan mencucukkan tangannya ke dalam lambungNya, ia takkan percaya.

Dalam Yohanes 20:26-27 menceritakan : delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka.

Hmmmm, tidak ada seorangpun memberitahu Yesus apa yang telah dikatakan oleh Tomas. Kristus tidak hadir ketika Tomas mengatakan hal-hal tersebut, dan tidak satupun murid lainnya yang sempat berjumpa dengan Tuhan antara kemunculanNya yang pertama dengan yang kedua. Namunnn….. teng tentenggg……… ketika Yesus masuk ke dalam ruangan, dengan senyumnya yang mengetarkan hati dan aromaNya yang menenangkan ,Ia langsung menegok kepada Tomas dan menyuruhnya menaruh jarinya pada bekas paku pada tanganNya dan mencucukkan tanganya ke dalam lambungNya. Dengan kata lain, memperlihatkan bahwa Dialah Allah maha tahu. Yesus tahu persis apa yang telah Tomas ucapkan , dan Ia menawarkan bukti yang katanya dia minta.

 Apakah Yesus marah ???

No…. Dia malah mendatangi Tomas yang jelas-jelas saat itu lagi galau dan tidak percaya dan tentunya memberikan bukti.
Heihoooo…. Kalau dipikir-pikir Yesus ini kalau melakukan sesuatu ga stengah-stengah yaa, Dia langsung pakai kecepatan full plus pluss cintanya (apalagi yang bisa menggambarkan cinta besarnya).
 And then apakah Tomas lakukan??? Di Yohanes 20:28 , tidak ada indikasi bahwa Tomas benar-benar menjamah Yesus. Namun ketika ia melihat Tuhan dan sadar bahwa Yesus tahu persis apa yang selama ini ia pikirkan dana pa yang telah ia katakana , cukup sudah buktinya. Tomas tersungkur sambil mendeklarasikan , “ Ya Tuhanku dan Allahku!”

Dalam keadaan aku bahkan waktu itu si Tomas yang tidak sempurna secara emosional, mental, gam au menerima kata orang lain(teman teman Tomas), Tuhan tetap terima. Yes!!!!!
Iman kita yang mungkin tidak ada 100% tetapi Tuhan kasih imanNya yang 100% mendorong kita. Dia tahu persis itu makanya Dia datang.

Kenapa Dia waktu itu ga tinggalin Tomas aja yaa??
Karena Dia sudah menangung ketidak percayaan si Tomas di kayu salib, jadi kalaupun hari itu Tomas agak bengkok-bengkok, Yesus bilang kepada Bapa “ Santaii Bapaa…. Aku sudah tebus dia, hari ini aku mau menjumpai dia, karena dia anak yang Kukasihi.”

SalibNya :
Salib yang mewakili rasa bersalah , justru melambangkan kasih karunia
Salib yang menggambarkan penghukuman, justru menjadi symbol kebebasan.
Salib yang mewakili rasa sakit dan penderitaan , menjadi lambang pemulihan dan harapan.
Salib yang mewakili kematian , adalah symbol kehidupan bagi pengikut Kristus.
Salib yang mewakili rasa ketidakpercayaan , justru mengubahkan iman kita kepada Kristus.

Yesus paling ahlinya dalam segalahal. Perjumpaan hari itu mengubahkan Tomas. Aku kira itu momen yang sangat berharga dalam kehidupan Tomas sampai perkataan pembuktian yang dia katakan tidak dia lakukan karena dia sudah terpesonaaaa dengan kasih Yesus, Yesus tidak banyak bicara hari itu tapi sangan menyentuh ga sampai ke ulu hati tapi sekujur tubuh Tomas tersiram akan pancaran kasih sayang Yesus. Ini langsung masternya yang datang, Yesus ga suruh malaikat Gabriel dkk yang mendatangi Tomas.

So kalau hari ini sifat penggemar itu membuatmu hanya menonton saja apa yang orang alami. Siap-siap di sirami kasih Tuhan karena Dia udah mati sebegitunya bagi kita. Dia sudah mengangkat mental stenga-stengah  kita termasuk aku hehehe untuk naikk. Cintanya tanpa paksaan tanpa syarat apakah aku atau kita sudah baik bagus duluu syudududud, noo…. Roma 5 : 8 sangat jelas mengatakan “ Akan tetapi Allah menunjukkan kasihNya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.”


23 feb 2020
Menyadari kasihNya membuat batrai iman kita bertambah, membuat kita berubah. Melihat kita diselamatkan, dibenarkan, menguatkan Dia menanggungnya. 






Tahu akhir Tomas tadi ?

Tomas memberitakan Injil ke daerah bagian Timur, daerah Persia dan India, di luar perbatasan kekaisaran Romawi. Akhir hidupnya Tomas meninggal karena dihujani tombak, sebelumnya dia sempat dilempar kedalam perapian tetapi tidak meninggal, Tomas menemui ajalnya di India. Demikian info dari wiki dan google heheheh, Kisah perjalanan penginjilannya ada tercatat di Kisah pararasul cuman tidak terlalu mendetail..

So tiga  kalimat buat kita semua.

Tuhan itu sangat percaya kepada kita .

Kita adalah sukacitaNya.

Sukacita adalah dorongan terbesar Yesus untuk mendapatkan kita.

See u..

Tuhan memberkati dan berkat Tuhan membuat kita semakin 

berdampak.




Karen,Andrew Wommack, and Kyle idleman.

























Saturday, April 11, 2020

Tidak Kehilangan Makna

Ajarku berdiam dekat di hatiMu
Disaaatku berpaling temukan cintaMu
Disana Kau menanti tuk bawaku lagi
Bersekutu dalam damai yang sejati
OO Kudamba hadirMu
OO Inilah rinduku
Hidupku hanyalah untukMu
Segenap hatiku kagum 'kan kebaikanMu

Sepenggal lagu yang mengena di saat stay at home πŸ˜†πŸ˜†
Sudah 2 minggu eh apa 3 minggu yaa beribadah dirumah , tidak bertemu anak-anak sekolah minggu, teman setim pelayanan, teman-teman bahkan keluarga - keluarga lainnya yang setiap minggunya kita bisa melihat mereka. Eissss??? apakah karena ini saja.
Nah ini nih yang perlu diperbaiki, banyak hal pro atau kontra mengenai ini.

Tahun lalu 2019 , tepatnya juga di bulan april  dan diminggu-minggu paskah , aku juga tidak mengadiri acara paskah seperti yang teman-teman hadiri di tahun lalu , karena tepat diminggu itu aku harus merayakan good friday , passover  di rumah sakit dengan impus dan suntikan yang menyertainya. Maksudku aku lagi dirawat hehehe.
Apakah aku sedih waktu itu ???  Secara jasmani ya,, tapi aku mengalami sesuatu pengalaman yang belum pernah aku alami sebelumnya.
Setiap dua hari sekali waktu di rs , untuk mengecek peningkatan trombosit , darahku harus diambil untuk memastikan takaran obat seperti apa yang harus dimasukkan untuk meningkatkan trombosit. Ini tidak bisa di naikkan dengan donor darah karena darah dalam tubuhku tidak menyatu dengan darah yang akan kuterima .So , jalan satu-satunya hanya satu darah yang bisa membantu hehehehe.
Kok kayak jadi apa gitu yaa....

Hanya darah Yesus yang bisa satu-satunya jalan, kalaupun ada obat pengganti darah itu bersifat meningkatkan trombositnya agak lama (steroid kalau ga salah nama cairannya).
Malam kamis, kalau orang sebut kamis putih... darahku diambil untuk di cek, ya artinya di jumat adalah hasilnya hahahha.
Teringat kisah Yesus yang bersimbah darah untuk menyelamatkan kita , dan perlu diketahui darahNya tidak memilih kategori apakah aku sudah baik, sudah ini, itu dkk, dingatkan bahwa darah yang sama 2000 tahun lalu telah memberikan ku kesembuhan , dan aku yakin trombositku meningkat. Hari itu aku sangat tenang, bahkan tidak kelihatan seperti orang sakit. Pagi jumat, aku keluar dari kamar rs dan pergi membawa impusku keluar ,menentengnya dengan gagah hahaha .
Rasa-rasa mau jogging πŸ˜†πŸ˜... tapi apa daya , pak satpam bertanya, "apakah dia sudah sembuh , kelihatannya tidak sakit.?

Mama yang mendengar senyum, dan bilang dia memang ga sakit , cuman nginap beberapa hari aja untuk istirahat.

Apakah faktanya aku waktu itu sudah tahu bahwa trombositku sudah naik??

Belum.... karena hasil belum keluar.

Tapi kebenarannya adalah : " Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita ; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh."

Fakta di dunia ini bahkan fakta melalui kata-kata orang, ataupun pikiran kita sendiri tidak bisa disetarakan kebenaran janji yang Tuhan katakan dengan kita.

Aku tidak hanya mengalami penjara karena trombosit, aku mengalami yang namanya penjara kawatir, emosi yang ga stabil karena terkejut yang biasanya bisa lari kesana kemari, melakukan ini itu, apakah aku masih bisa melakukan aktivitas dengan kondisi seperti ini ?

Semua pada bingung jawab, tapi kebenaran FirTu menjawab :
" Akan tetapi Allah menunjukkan kasihNya kepada kita , oleh karena Kristus telah mati untu kita, ketika kita masih berdosa."

"Dan bukan hanya itu saja! Kita malah bermegah dalam Allah oleh Yesus Kristus , Tuhan kita , sebab oleh Dia kita telah menerima pendamaian itu."

aku didamaikan dari penjara kawatir, sehingga aku merasakan ketenangan yang bahkan mamaku sendiri merasakan ketenangan saat itu.

Dan kalian sudah pasti tahu hasilnya hahahha.
Yaa hasilnya trombositku meningkat.
Aku bukan lagi beribadah kesana yaa, tapi disana aku mengalami lebih dari sekedar ibadah. Ibadah yang berbeda dan berdampak. Aku tidak kehilangan makna good friday, bisa merasakan dalam tubuhku mengalir darah Yesus yang menguatkan, itu lebih dari sekedar perayaan.

Dan apakah harus tunggu masuk rs dulu bari mengalami hal yang demikian ?
 heheheh no.. setiap hari sebenarnya kita mengalami yang namanya good friday, kisah dimana Tuhan menebus hidup kita. Menebus dari rasa takut, malas,........ (silahkan disebutkan)
So kenapa ga kerasa ??

mungkin kita rasa kita adalah penggemar, penggemar yang hanya melihat dari orang orang sekitar, sungkan untuk terlibat, hanya tersepona dari kejauhan.
Kalupun mau buat keputusan , mari putuskan untuk menjadi pengikut , jangkauan penglihatan pengikut pastinya lebih besar dari penggemar. Kalupun belum hahahah, aku tetap mengasihimu karena Kristus saja segitunya mati buatmu.

Jadi kalau bisa dibilang ini adalah tahun kedua good friday april yang tidak bisa merayakan di gereja karena corona tapi  tidak kehilangan makna sesungguhnya karena Yesus bukan mati buat perayaan tapi buat kita yang dikasihinya, anak-anaknya yang terkasih. Bisa melakukan ibadah di rumah bersama keluarga, membuat terasa berbeda, anggap saja kita sekarang seperti lagi piknik atau liburan dirumah sambil mengambil waktu bersama.
not a fan.

Selamat mengalami dan memaknai kasih Tuhan yang tak terbatas.


Tuhan tidak hanya memberkatimu tetapi menjadikanmu berdampak.
Eimenn.



karen
stay at homeπŸ™‹