Sunday, April 26, 2020

Paskah Pertama - Roti Matzah - Perjamuan Kudus

Kisah Paskah pertama umat Israel sampai kepada penyingkapan perjamuan kudus yang kita ikut ambil bagian sampai sekarang. 
Melalui buku alkitab tentunya yang disanding dengan eat your way to life and health membukakan hal-hal terperinci yang menguatkan dan membuka mata kita, ok kita lihat satu persatu :

Orang-orang tua pada waktu itu memberitahu anak-anaknya bagaimana Tuhan telah memerintahkan orang Israel untuk memilih seekor domba yang tak bercacat bagi setiap rumah tangga. Tubuh domba tersebut harus dipanggang dan dimakan dengan roti tidak beragi dan ramuan pahit, sementara darahnya harus dioleskan pada ambang pintu dan dua tiang pintu rumah mereka (Kel 12:22)

>>Lihat pengolesan darah domba pada ambang pintu dan dua tiang pintu akan membentuk sebuah gambar salib.

Instruksi Tuhan tentang bagaimana orang-orang Israel harus makan domba Paskah : "Dagingnya harus dimakan mereka pada malam itu juga; yang dipanggang mereka harus makan dengan roti yang tidak beragi beserta sayur pahit. Janganlah kamu memakannya mentah atau direbus dalam air, hanya dipanggang di api, lengkap dengan kepalanya dan betisnya dan isi perutnya. (Kel 12:8-9)
Anggur dan Matzah (Pinterest)

>>"dipanggang dalam api ". Itu adalah gambaran tentang api penghakiman Tuhan pada Kristus, tubuhNya dibakar dan disengat dengan penyakit kita di kayu salib, dan Tuhan melepaskan pembalasanNya yang kudus dan kemarahanNya yang benar terhadap dosa-dosa kita dalam tubuh anakNya.

Tuhan juga memberitahu orang-orang Israel untuk mengambil bagian dalam domba Paskah dengan cara ini : 
"Dan beginilah kamu memakannya; pinggangmu berikat, kasut pada kakimu dan tongkat ditanganmu;buru-burulah kamu memakannya ; itulah Paskah bagi TUHAN. (Kel 12:11)

>> pinggang berikat , kasut pada kaki, dan tongkat di tangan mereka memberitahu mereka untuk bersiap bagi pembebasan fisik mereka bahkan saat mereka makan domba yang dipanggang. Ketika kita mengambil perjamuan , marilah kita mengambil bagian dengan iman dan pengharapan , mengharapkan mujizat kita terjadi dan pembebasan kita.


Oh iyaa seperti gambar  roti diatas dan gambar  roti berikut, adalah roti yang dipakai Tuhan Yesus ketika Ia memecahkan roti pada malam paskah (1 Kor 11:24) Namanya adalah roti matzah. Roti matzah adalah roti pipih seperti kerupuk yang secara khusus dipersiapkan untuk Paskah. Roti matzah adalah suatu pengingat visual yang praktis tentang apa yang Yesus telah derita untuk kesembuhan kita. Jika dilihat roti itu bergaris, berlubang dan dibakar. Kita bisa mengingat kembali apa yang telah Yesus jalani : 
  • Bergaris >> karena oleh bilur-bilur yang Ia tanggung ketika para prajurit mencambuk Dialah kita disembuhkan (Yes 53:5)
  • Belubang >> karena tangan dan kakiNya dilubangi oleh paku, LambungNya dilubangi oleh tombak prajurit (Yoh 19:34) dan dahiNya dilubangi oleh mahkota duri (Yoh 19:2)
  • Dibakar >> oleh karena api penghakiman Tuhan turun keatas Dia ketika Ia memikul dosa-dosa kita (Yes 53:4).
ROTI MATZAH(PINTEREST)
Sekilas matzah seperti roti gabin ya hihihi, jadi kalau misalkan ga ada roti matzah, atau roti bundar putih kecil yang ada tulisan ayat gitu pada saat perjamuan, ya bisa diganti dengan roti lain seperti gabin, intinya adalah kita ikut ambil bagian dalam memngingat akan pengorbanan Yesus yang telah selesai  dan utuh dalam hidup kita dan mengklaim semua janjiNya bagi hidup kita.

Itu sebagian dari banyak hal yang menggambarkan pengorbanan Yesus bagi kita , melalui paskah pertama.



blessed u. 


-karen, joseph prince








No comments:

Post a Comment