Sunday, May 31, 2020

Kenapa Mengucap Syukur itu penting?

Haiii semua

Selamat Hari Minggu
Happy Sunday

Topik diatas pasti sering di dengar yaa pas diibadah-ibadah hari minggu, ibadah kamis atau di perkumpulan lainnya.

Jadi suatu ketika kamu di kasih secara cuma-cuma sebongkah roti lezat, pastinya tak lupa untuk berterima kasih yaa, dan tentunya kamu akan langsung mengatakannya kepada orang yang memberi tanpa disuruh atau tanpa titip pesan , pengennya pasti secara langsung kepada orang yang memberi.

Gimana jika Tuhan secara langsung kasih sebongkah roti lezat yang lebih lezatzattt dari orang yang tadi kasih, apakah kamu mau titip pesan ucapan terima kasih lewat teman sebelahmu atau keluargamu ? ya pasti spontan kamu akan langsung mengucapkan terima kasih "terima kasih Tuhan", kalau kamu titipkan ucapan itu lewat perantara malaikat , mungkin bisa saja malaikat lupa kasih tahu ke Tuhan karena kerjanya buanyakkk.


Terima kasih atau ucapan syukur adalah sesuatu yang tidak bisa dititipkan.

Ucapan syukur area damai sejahtera bekerja.

Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita. -efe 5:20-
Dalam terjemahan bahasa Yunaninya "Bersyukurlah  atas segala sesuatu " atau "untuk semua orang" yang dibawa Allah kedalam hidupmu.

Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu - 1 tes 5:18-
Dalam bahasa the passion translationnya "Dan ditengah-tengah segalanya, ucapkanlah syukur senantiasa, sebab inilah rancangan Allah yang sempurna bagimu di dalam Kristus Yesus"

Kenapa mengucap syukur :
-Pada waktu mengucap syukur memaksa kita melihat ke dalam kacamata Tuhan(perspektifNya Tuhan)
-Ucapan syukur deklarasi bahwa saya tidak akan lama di sini (masalah/tantangan)

Ketika kelihatannya pemikiran ruwet , dan saya hampir tidak bisa menyelesaikannya, ucapkanlah syukur, yaa, dan walaupun itu belum selesai tetapi ada damai dan ketenangan yang mengalir.
kerennn yaaaa ,,,

Lihat kisah waktu Yesus memberi makan 4000 orang, yang Dia lakukan adalalah mengucap syukur (markus 8 :6).

Dia adalah role model mengucap syukur . Kalau kita pikir ngapain Tuhan ikutan mengucap syukur toh Dia yang kendalikan semuanya yaa. Tapi itulah kabar baiknya, Dia tahu kita butuh contoh, makanya Dia turun supaya kita ini mengerti, karena pada dasarnya kemampuan kita tanpa contoh itu sangat kecil untuk mengerti.

Soo, mari kita mengucap syukur dalam baik atau tidak baik keadaannya. Tuhan yang terus mampukan.


Wish you a happy and joy filled sunday with your loved ones.

Blessed u


-karen-








Saturday, May 30, 2020

BATU KARANG

Udah pada dengar dan hafal lagu :
"semusim berlalu namun Kau slalu pliharaku"
"kasih dan setiaMu tak pernah layu di hidupku"
ook lanjutkan lagunyaaa....

Ada kalanya sesuatu terjadi dalam hidup kita hanya sebatas semusim, ga berkepanjangan, semusim pertemanan di lingkungan A, semusim pertemanan di lingkungan B, semusim mengalami kesulitan A, dkk yang artinya pasti akan terlewati dan punya waktu.

Tapi ada kabar baiknya, hanya Tuhan yang menembus yang namanya semusim itu, melewati musim apapun dalam kehidupan , Dia selalu setia.

Kisahnya dimulai dari bangsa Israel waktu itu dalam padang gurun , musim demi musim kehidupan mereka diplihara Tuhan. Mereka semua makan manna sorgawi  yang sama dan minum air dari batu karang rohani yang sama yang berjalan dengan mereka.

pic : pinterest

Batu karang ???
"di belahNya gunung batu di padang gurun, diberiNya mereka minum banyak air seperti dari samudra raya" -Mzm 78 :15-

Ini adalah gambaran kehadiran Kristus pada zaman bangsa Israel, dimana Tuhan tersedia bagi dahaga mereka.

Nah sekarang , Batu karang itu adalah Kristus sendiri -1 kor 10:4b-
Kristus adalah Batu Karang Kebenaran Yang Diurapi dan Batu Perlindungan. Orang-orang minum dari Air KehidupanNya. Keajaiban dari Batu Karang Kristus memberikan mereka air kemanapun mereka pergi. Dia adalah mata air yang tak pernah kering, karena Dia tidak akan meninggalkan kita sendiri di padang gurun.

Kita semua mengalami masa pengujian (pencobaan) yang merupakan hal normal untuk setiap manusia. Tetapi Allah akan setia kepadamu. Dia akan memeriksa dan menyaring beban, sifat, dan waktu dari setiap ujian atau pencobaan yang kamu hadapi sehingga kamu dapat menanggungnya. Dan setiap ujian adalah kesempatan untuk lebih mempercayai Dia , karena bersama dengan setiap pengujian , Allah telah menyediakan jalan keluar bagi kamu yang akan menjadikan dirimu berkemenangan. -1 kor 10:13 the passiontranslation-

Batu Karang yang kasih karuniaNya tidak terbatas disediakan bagi setiap orang yang percaya yang menghadapi kesulitan , pencobaan, dan masa kesusahan.

Batu Karang yang setia memberikan jalan keluar yang menguatkan kita mengatasi setiap tantangan yang dialami. Tidak dikatakan bahwa setiap kesulitan akan disingkirkan dari hidup kita, tetapi bahwa kasih karunia Allah memberikan jalan keluar .

Kesetiaan Batu Karang yang adalah Kristus itu sendiri tidak hanya memberikan jalan keluar tetapi juga kuasa untuk menanggung.

Kenapa saya share ini ?
Karena saat kita merenungkan kebaikan firman Tuhan, iman percaya kita timbul, dan respon kita menjadi benar menghadapi banyak hal. Karena kita di design untuk bertopang pada Tuhan, kita ga mampu menjalaninya tanpa Tuhan.

Ps Raditya oloan mengatakan dalam salah satu quotenya : kenapa kita harus isi dengan firman ?
krn kecenderungan hati manusia adalah percaya pada agamawi dan pemberontakan .


So sekarang kita ga perlu pusing cari dimana batu karang itu, Batu Karang itu adalah Kristus sendiri.
29 desember 2020



Happy Weekend.


-karen-




Thursday, May 28, 2020

Alarm Jalan Kaki

Sudah hampir seminggu bawa Miko jalan, kelihatan senang, dan tiap pagi udah tau kalau mau diajak jalan, apalagi kalau udah nunjukkin tali lehernya.

Melewati rumah-rumah dan ada beberapa yang tanya dan menyapa" iii lucu kali anjingnya, "siapa namanya?"


Tidak banyak teman Miko di sepanjang jalan, setelah menyelidiki, salah satu warga desa kemarin mengungkapkan bahwa beberapa dari anjing-anjing disekitaran situ di curi saat situasi sepi.


Miko hampir hilang dua kali karena pagar terbuka, tetapi untungnya, selalu ditemukan, pernah waktu itu dia di cari hampir 1 jam , ternyata miko di dekat sungai bagong dan miko ga tau sepertinya jalan pulang karena kelihatan bingung.

Selama berjalan dengan Miko, itu adalah kesenangannya, setiap pagi dia menunggu di kamar untuk berjalan, dia menggunakan tangannya seolah-olah untuk mengundang, inilah saatnya untuk berjalan

Miko ini adalah campuran antara anjing desa dan corgi, induk jantannya anjing kampung dan induk betina corgi, jadi jika Anda melihat bentuk tubuhnya yang pendek, mata bulat  besar berasal dari induk betina. 

Tempat favoritnya untuk berjalan saat berjalan adalah rumput. Rumput itu lagi dan lagi.


Jadi itulah kisah perjalanan kita. 
Jangan lupa bahwa setelah berjalan, kaki Miko harus dibersihkan ketika dia memasuki rumah.



Selamat beraktivitas!!!

Blessed u all.


-karen-

Wednesday, May 27, 2020

Now 25

Surat untuk Felys

Hari ini tepatnya usiamu 25 ya Lis.
Ikut senang dan bahagia merayakan perjalanan mu di bumi ini hehehe.
Berhubung waktu yang pas dan diusia yang pas pula aku tulis surat blog ini,. entar kalau Yos udh 25 giliran dia , kubuatkan begini.
Hadiah lain udah dikasih bulan maret lalu sebelum aku berhenti kerja wkwkwk, jadi sekarang tinggal wish2 nya saja .






Terus menjadi berkat bagi banyak orang lain, terus menjadi penolong buat orang sekitarmu, semangat bekerja , dan pastinya andalkan Tuhan. 

Terima kasih sudah menjadi teman dekat dalam banyak hal, teman memproses kelakuan bareng, teman cerita, teman mendengarkan, teman berenang, teman main musik, teman tidur, teman menjahili mama wkwkwkw, teman pergi kemanapun, teman nonton, teman yang memberi semangat , teman yang melihat sisi buruk dan terbaikku hehehe, teman sedih dan ketawa bercanda bareng, ofcourse teman doa, teman masak wkwk ini kadang2, dan teman banyak hal lain , ini membuktikan bahwa kau juga udh menjadi dampak bagi kami sekeluarga.

Kami memang ga bisa kasih kepastian apa yang akan terjadi kedepannya dalam perjalananmu, tapi yang aku tahu pasti tangan Tuhan tidak akan pernah melepaskan dan meninggalkanmu. Tidak melihat seberapa banyak hal rohani yang kau buat, sebelum kau berumur 25 pun , Tuhan udah menjamin rencana yang gilang gemilang bagi masa depanmu. Kami mungkin tidak akan selalu dalam 24 jam bersamamu karena kau seutuhnya berada dalam pandangan Tuhan.

So, selamat untuk terus menikmati kebaikan Tuhan dalam hidupmu.





-Karen ditemani Miky dirumah-




Tuesday, May 26, 2020

Hidup dalam Kreatifitas

Ketika membaca judul diatas sekilas kita pasti berfikir sesuatu yang kreatif itu seperti melukis, menggambar, atau membuat sesuatu yang berhubungan dengan seni.
Ya betul sekali.

Kreatitifas berasal dari kata kreatif. Menurut KBBI Kreatif adalah memiliki daya cipta. Lalu arti kata kreatifitas dari KBBI adalah kemampuan untuk mencipta.

Pertanyaannya apakah kita masing-masing terlahir memiliki kreatifitas?
Yaa kita terlahir memiliki kreatifitas, hanya saja sebagian kurang menggali atau mengenal lebih jauh tentang diri sendiri.

Model utama dalam kehidupan yang menjadi sumber kreatifitas kita adalah Tuhan.
Kenapa ? Bukan kah tugas Tuhan hanya menyembuhkan, membantu menolong dkk, Heheheh,,,, kalau kamu tau pribadimu diciptakan unik itu adalah salah satu masterpiecenya Tuhan. Masih butuh pembuktian?? ☺☺

Debu dan tanah serta nafas bisa digunakan untuk menciptakan seorang manusia. Hei jangan di coba dibuat dirumah yaa heheh karena ini hanya Tuhan yang bisa. Ini membuktikan sejak dahulu Dia Tuhan yang kreatif dan penuh kreatifitas.

"Dan melalui inspirasi kreatifNya "Ekspresi yang Hidup" ini menciptakan semuanya, karena tanpa Dia tidak ada yang dapat tercipta ! -terjemahan asli Yoh 1:3-

Dia adalah sang pintu kreatifitas itu.
Yoh 10:10 " Pencuri hanya memikirkan satu hal-ia ingin mencuri, membantai dan menghancurkan. Tapi Aku datang untuk memberi kamu segala sesuatunya dalam kelimpahan , lebih dari yang kamu harapkan, hidup dalam segala kepenuhanNya hingga kamu melimpah ruah! -thepassiontranslation-

kata hidup disitu artinya zoe : sesuatu yang dari dalam ,kehidupan yang kuat dari dalam dan tidak bisa lepas dari Tuhan karena itu adalah Tuhan.


Kehidupan tidak melulu tentang apa yang kita butuhkan. Tapi apa yang bisa kita lakukan . Tuhan sendiri bilang mempunyai hidup dan kamu penuh bahkan dikasih melipah ruah keatifitas itu. Hanya saja apakah kita siap dan kita mau menerimanya serta merespon?

Keputusan kitalah yang menjadi lawan kita untuk berkreatifitas, misalnya apa iya ini bakal laku (kalau lagi buat sesuatu untuk dijual), apa ia ini akan dibutuhkan banyak orang. Di situasi pandemi seperti ini pikiran takut dan kawatir seakan tersisip membuat kita ga yakin memiliki peluang. Namun tahukah kamu bahwa beberapa perusahaan ternama seperti Burger King, CFC lahir dari keadaan yang tidak kondusif.
from: pinterest



Satu bulan lalu tepatnya awal bulan april , setelah beberapa hari aku habis kontrak kerja, dalam pembicaraanku dengan Yosafat untuk mengulang apa yang akan aku lakukan sebelum mendapatkan kerja, selain membaca (aku sampe membeli 8 buku sebelum berhenti ahhaha), membantu mama, belajar masak (ternyata aku punya bakat masak kata mama setelah mencoba), menulis blog, .... adalah menghasilkan uang dengan kreatifitas hehehe. Awalnya berencana menjual baju kaos design yosafat yaitu yosukaapparel tetapi waktu itu mesin yang kita cari untuk membuat tulisan susah cari dan disaat seperti ini kemungkinan kebutuhan umatt rakyatt akan pakaian mungkin akan banyak berat ke pangan , jadi yosafat tanya apakah aku bisa menjahit??? Hehehe dulu menjahit pinggir- pinggir tas pas sma kelas kesenian sih pernah tetapi untuk sesuatu yang dijual belum.

Usul Yosafat adalah memproduksi masker karena masker adalah salah satu yang paling dibutuhkan rakyaat indonesia saat ini, dan tentunya dengan harga dan kualitas yang damai sejahtera ☺☺.

Nah dirumah ada mesin jahit 2 buah, dan ofcourse itu adalah punya mama, mama  ya pasti bisa. Namun saat itu kami belum memutuskan untuk mejahit masker. And then 2 hari kemudian aku di wa kak Erni , salah satu patner pelayanan dan teman hangout hehehe, apakah aku bisa menjahit ? jadi perusahaan mereka ingin memesan 100 pcs. Wah udah 2 orang yang bertanya ttg menjahit.

Malam itu aku coba buat pola seperti yang dikasih kak erni tutorial , dan mama mengeksekusi menjahit. Memang pada akhirnya ada orang lain yang menang tender perusahaan yang tempat kak erni kerja , namun kata-katanya membantu ku untuk yakin untuk menggali kreatifitas membuat masker.

Benda yang berukuran 14 cm kali 9 cm ini pun kami buat sebanyak yang kami bisa, hahaha awalnya pasti ada rasa apakah ini akan terjual???
Eittssss sesuatu yang luarbiasa terjadi. Bukan hanya mama aja yang jadi semangat menjahit , akupun semangat buat pola, belanja barang.

Terima kasih juga untuk beberapa teman-teman yang ikut membantu memasarkan hehehe, ada yang pemesanan 110 pcs dari sebuah perusahaan, ada yang pemesanan sampe pengiriman medan , doloksanggul, jogja, dan ada juga yang persatuan, lusinan. Jadi mungkin kalau dihitung- hitung ada 200 san pcs lebih yang kita jual dan awalnya kita hanya modal rasa ya lanjut sajaaaa gitu.
masker in action


Aku secara pribadi bersyukur karena disaat seperti ini Kreatifitas Tuhan adalah hal yang kita bisa sebanyak-banyaknya akses, dan Dia sebanyak-banyak banyak pula memberikan. Tanpa kami sadari dari kebutuhan pangan selama bulan 4 itu dari hasil penjualan masker hehehhehehe. Ini mungkin bukan menjadi usaha yang berkepanjangan karena berpengaruh pada faktor kebutuhan manusia tetapi aku dan mama bersyukur Tuhan baik buat kasih kita kesempatan menikmati hasil penjualan dan tentunya kreatifitasNya.

Mungkin ada yang mikir , iya kalian punya mesin jahit, heeyyyssssttt, coba pikirkan apa yang kamu punya, terkadang apa yang kita punya itu bisa dipakai sebagai kreatifitas kita. Bukan berasal dari apa yang tidak kita punya. Tapi aku hanya punya hp. Wahhh sangat bisaaaa, search di google hal yang bisa kamu lakukan, dan coba, tidak ada salahnya mencoba karena yang membuat lampu didunia ini pun berawal dari mencoba.

Membuat taman , air mancur sendiri di halaman rumah dengan menggunakan alat-alat bekas pun salah satu kreatifitas juga, ga melulu kreatifitas kita bisa menghasilkan uang tetapi juga bisa mengasilkan sukacita dan semangat bahkan bisa mengibur orang lain yang melihat karya kita ya kannnn.

Ada yang kreatif buat lirik lagu, ada juga yang kreatif menemukan resep masakan hehehe dan banyak lainnya.

Tuhan adalah Allah yang kreatif. Dia ga kehabisan akal. Terkadang kitanya yang selau ingin nyaman dan malas berpikir.

Kreatifitas sudah ada , Tuhan sudah kasih. Jadi mari kita menggunakan kesempatan, hikmat kreatifitas dari Tuhan(akal pikiran) untuk membuat sesuatu, tidak ada rugi nya mencoba karena ini juga salah satu cara meningkatkan kualitas kita dan berdampak bagi orang lain terutama bagi diri kita sendiri. Terima kasih Tuhan udah kasih semua yang baik dan kita tinggal aksess.



blessed u all

-karen-








Monday, May 25, 2020

Sekalipun.....

haiii ...
apakabar?

Sudah 2 bulan stay at home, ada juga yang kerja dari rumah , bahkan hangout lewat vidcall, zoom, ig dan fasilitas lain tentunya yang memakan kuota ehhehe.
Berbagai keadaan yang berbeda kita hadapin saat-saat ini, berbagai rasa .  Sekalipun dalam rasa kekawatiran dan ketakutan , tidak berarti ketiadaan kehadiran Tuhan.

Teringat beberapa minggu terakhir sampai hari ini pun mengenai kisah Mazmur 23:1-6,
dan tentunya ada sebuah lirik lagu yang pernah kita dengar :

sekalipun kuberjalan
dalam lembah kekelaman
Kau besertaku
sekalipun hidup tak menentu
hanya Engkau kepastian bagiku
Tuhan yang bersama kami
berjalan bersama kami
kutak takut kutak gentar
tanganMU yang pegang hiduku


Tuhan adalah Sang gembala yang baik yang menuntun , membaringkan di padang yang berumput hijau.
Dia berjanji bahwa Dia bukan hanya gembala yang baik disaat keadaaan yang baik tetapi Dia juga gembala yang akan menuntun kita di lembah kekelaman.
Lembah kekelaman berbicara tentang masalah, kondisi yang tidak baik, tantangan diluar sana yang pastinya akan dihadapi dan dialami siapapun rakyat di bumi ini.

Sangat mudah bersukacita saat kita mengalami hal yang baik, tanpa disuruh secara otomatis rasa dan tindakan kita pasti bergembira, namun bagaimana saat semuanya tidak berjalan dengan lancar, tidak dalam situasi yang baik, tidak seperti yang direncanakan, harapan akan suatu hal yang sudah kita set menjadi pudar, bahkan orang yang tadinya menjadi teman cerita kita tiba-tiba menghilang seperti seakan kita ditinggalkan , bahkan catatan kesehatan kitab menurun. Apakah masih ada secercah sukacita???

Barisan pemazmur dari mazmur 23:4 menyirami kita dengan janji yang pasti " Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya , sebab Engkau besertaku, gada-Mu dan tongkatMu, itulah yang menghibur aku."

Sekalipun aku kawatir akan hal yang terjadi esok , Tuhan janji tidak meninggalkan aku.
Sekalipun aku dilupakan orang, aku percaya Tuhan selalu mengingatku .
Sekalipun aku menghadapi masalah yang belum ada jalan keluarnya, aku percaya tangan Tuhan menopangku.
Sekalipun aku belum ada pekerjaan,aku percaya Kreatifitas Tuhan menyertaiku.
Sekalipun ...........( silahkan ditambahkan) , aku percaya Tuhan besertaku.

Dibalik sekalipun itu ada gada dan tongkat Tuhan yang menghibur.
Aku pernah berfikir bagaimana gada dan tongkat itu bisa menghibur, bagiku dulu sesuatu yang menghibur adalah hal yang bisa aku raih dan capai . Namun itu ternyata hanya bersifat sementara.
berikut dikutip dari www.sarapanpagi.org "Gada " (tongkat besi) adalah senjata pertahanan atau disiplin, gada melambangkan kekuatan, kuasa, dan wibawa Allah. Tongkat (tongkat dari kayu/ ranting pohon yang ramping panjang yang salah satu ujungnya melengkung yang biasanya dbawa para gembala), tongkat ini dipakai untuk mendekatkan domba-domba dengan gembalanya, menuntunnya pada jalan yang benar atau menyelamatkannya dari kesulitan.
Gada dalam ayat ini menunjukkan suatu jaminan bahwa Allah menjamin umatnya dalam kasih dengan kekuatanNya yang menghalau bahaya dan Tongkat adalah lambang dari bimbingan Allah dalam kehidupan kita.

Jadi saat sekalipun......................, tidah hanya penyertaan Tuhan yang ada, jaminan kasihNya dan bimbinganNya pasti buat kita.

"Hadirnya badai bukanlah tanda tiada Tuhan"
"Disaat badai pun, Yesus ada. Adanya badai dihidup kita menjadi momen & kesempatan terbaik untuk Tuhan menunjukkan kesetiaanNya kepada kita dengan cara apapun" - ps raguel lewi-


no matter how you feel, God never leaves you

Mari beristirahatlah dalam Tuhan , jadikan Tuhan sandaran dalam hidup kita, jadikan Tuhan alasan dan ujung dari segalanya, bukan pengalaman yang bikin kita kuat tetapi fokus kita kepada Tuhan. Tuhan selalu bekerja dan kehendakNya jadi.
Tuhan ini aku, sekalipun aku takut , tetapi aku mau belajar percaya.



blessed u all.

selamat makan siang!!!!

-karen-








Monday, May 18, 2020

Diperkuat imannya

Mungkin kita sering mendengar orang mengucapkan hal ini "kau harus beriman bahwa ......." tetapi tidak ada penjelasan mengenai hal selanjutnya bagaimana itu beriman dan kita tetap diperkuat dalam iman itu sendiri. Sehingga kita menjadi kurang mengerti.
Puji syukur kepada Tuhan dibalik kelemahan, mungkin emosi yang belum stabil , hal lain yang mungkin masih harus diperbaiki dipulihkan sana sini, firman Tuhan mengisahkan sangat detail dari contoh seorang bapak Abraham, you know bapak ini pernah lebih dari sekali menyembunyikan tentang sarah yang adalah istrinya namun Tuhan tdk memandang perbuatanya tetapi Tuhan melihat kepercayaan Abraham terhadapNya.



Dia tidak pernah berhenti mempercayai janji Allah karena dia dikuatkan dalam imannya untuk menjadi bapa dari seorang anak. Dan karena dia kuat di dalam iman dan yakin bahwa Allah memiliki segala kuasa yang diperlukan untuk menggenapi janji-janjiNya , Abraham memuliakan Allah!-roma 4:20-21

Dikuatkan = dia diberi kuasa di dalam iman

Bagaimana iman kita dikuatkan??
1. Ketika kita percaya, percaya bukan dengan feeling tetapi dengan iman.
2. Menerima Dia yang membangkitkan Tuhan kita Yesus

Lalu apa yang kita peroleh dari iman yang dikuatkan?
Kebenaran yang sempurna akan diberikan menjadi milik kita.

And then iman yang diperkuat Tuhan itu menjamin kita:
1. Mengakses kepada kebaikan(kasih karunia) yang menakjubkan.
2.mempunyai hubungan yg sempurna dengan Allah
3.sukacita yang memancar
4.pada masa kesusahan kita memiliki keyakinan yang penuh sukacita.





saat teduh 8/5/2020

Karen menulis

-rsud-





Friday, May 8, 2020

Perbudakan menolak kelemahan

Keinginan untuk menjadi yang paling baik diantara yang lain, terlihat sempurna tanpa cacat hehehe adalah keinginan setiap manusia. Eh?? aku ngak kok.
 Apa iya ?
"Pakaian ini udah pas ga ya , kok beda kalau dia yang pakai?"
"jam tangannya keren banget, aku besok pasti bisa beli yang lebih bagus."
"Wuii langsing banget, nah aku gendut."
"yang kuucapkan tadi udah perfect ga ya, bisa keterima ga ya."
"aku kok begini2 aja sih, dia enak banget dapat kerjaan bergaji mahal ."
"potongan rambut ini udah kayak personel blackpink ga ya eh maksudku warna catnya"(hahahah)
"aduhh mukanya bersih amat, kok di mukaku ada jerawat sih."

Secara ga sadar pemikiran spontan seperti itu ga bisa kita kendalikan, sehingga kita seperti menuruti dan mencoba selalu ingin lebih yang ujungnya merasa insecure (tidak aman), mulai diperbudak secara emosional dan kepikiran.
.
Tidak mudah memang menerima keadaan kalau dalam situasi kurang dari orang lain, bukan hanya kurang pendapatan tetapi juga hal seperti merasa kurang di fisik, kepintaran, jabatan, status.

WHY ?
Kita dari kecil belajar bahwa kita perlu menunjukkan kekuatan kita dan menyembunyikan kelemahan kita, kalau ketahuan lemah , yang muncul dalam pikiran kita adalah orang akan mengangap kita tidak berharga dan kita akan dijauhi. Kita mulai tidak menerima keterbatasan kita, kita malu dengan keterbatasan kita, sehingga kita sering menolak untuk menerimanya. Dan akhirnya kita merasa insecure, membuat berbagai hal supaya merasa diterima. Mau seperti apa latarbelakang orangnya selalu ingin dihargai dengan telihat kekuatan dari pada dirinya.

Aku ingat sewaktu SMP Kelas 3 adalah posisi paling bahagia menurut kebanyakan orang , karena masa-masa remaja yang penuh cerita eeakkk and then akan masuk SMA dan wuiiih tambah keren yaa, udah dianggap mau dewasa wkwkkw padahal ya you knowlah... itu titik pencarian jatidiri. Tetapi saat smp itu dengan segala kekurangan hahahaa... berjerawat, kurus , pendek,  rambut agak tebal ikal terlihat sempurnalah . Yang cuantik-cuantik banyak dikelas sungguh sempurna tak terkatakan berada diantara mereka wkwkkwkw. Hal ini membuat emosionalku terbakar menjadi pemalu, takut ingin bertemu banyak orang karena aku takut ditanyai kenapa dengan wajahmu? atau pertanyaan lainnya yang bakalan membuat ku terlihat lemah.

Dan lebih anehnya secara ga sadar mulai mengindari keramaian, menjauh karena perasaan insecure.

Mengalami seperti itu pasti sedikit atau banyak merasa lelah.
Pernah mengalaminya ? ahhaha mungkin kamu dalam kisah yang berbeda .

Kita mungkin pernah berada dalam situasi seperti itu , dan kita tidak bisa langsung membalikkan semua keadaan seperti film2 superhero , namun kita bisa menjadi agen2 perubahan dari mental perbudakan. 
Jika belum pasti, ya akan tiba saatnya.

Jika pernah, itu mungkin pengalaman paling menyakitkan. Tapi situasi tersebut memiliki potensi terbesar untuk merasakan siraman sentuhan kebaikan Tuhan. Mengapa ? Karena kita bisa menerima kemurahan Tuhan hanya sejauh kita mengakui kebutuhan kita akan kemurahaNya (Kasih karuniaNya).

Kita hidup dalam budaya yang merayakan kekuatan dan mengutuk , menyembunyikan kelemahan , tapi ini kabar baiknya , kamu sangat istimewa dalam pandangan Tuhan, kamu diciptakan Tuhan memiliki tujuan mulia, dan sang Creator itu  memampukan kita untuk menerima dan merayakan kelemahan kita . 
Menyadari Sang Creator mengatakan kita berharga adalah obat yang paling ampuh menyembuhkan rasa "sakit" terhadap kelemahan.

Jadi kalau begini : 
" Wahh, Karen kamu gendut sekali?"
Aku senyum dengan lepas(ketawa lebar ) dan menjawab makasih yaaa.

Tahu apa sambungannya " tapi gendut ini membuatmu lebih cantik ." eakkkkk 
Cantik menurut manusia bisa berubah tapi menyadari kebaikan Tuhan atas hidup kita tak pernah berubah Dia tetap mengatakan " Kau anak yang berharga di mataKu."



Untuk tahu bahwa kita berharga membutuhkan waktu yang singkat tapi pilihkan untuk setuju dengan perkataan Tuhan. Yes, amenn!!

Kelemahanmu bukan ketiadaan kasih Tuhan, tapi kesempatan kita paling besar untuk mengalami kuasa pekerjaan Tuhan dalam hidup.

Ketika aku bisa menemukan wilayah-wilayah kelemahanku , maka aku tidak sungkan untuk meminta pertolongan Tuhan , maka damaiNya dan perasaan secure kasihNya berlimpah.



See u.
God bless and continue to be a blessing.








Karen, Kyle Idleman