Tuesday, May 26, 2020

Hidup dalam Kreatifitas

Ketika membaca judul diatas sekilas kita pasti berfikir sesuatu yang kreatif itu seperti melukis, menggambar, atau membuat sesuatu yang berhubungan dengan seni.
Ya betul sekali.

Kreatitifas berasal dari kata kreatif. Menurut KBBI Kreatif adalah memiliki daya cipta. Lalu arti kata kreatifitas dari KBBI adalah kemampuan untuk mencipta.

Pertanyaannya apakah kita masing-masing terlahir memiliki kreatifitas?
Yaa kita terlahir memiliki kreatifitas, hanya saja sebagian kurang menggali atau mengenal lebih jauh tentang diri sendiri.

Model utama dalam kehidupan yang menjadi sumber kreatifitas kita adalah Tuhan.
Kenapa ? Bukan kah tugas Tuhan hanya menyembuhkan, membantu menolong dkk, Heheheh,,,, kalau kamu tau pribadimu diciptakan unik itu adalah salah satu masterpiecenya Tuhan. Masih butuh pembuktian?? ☺☺

Debu dan tanah serta nafas bisa digunakan untuk menciptakan seorang manusia. Hei jangan di coba dibuat dirumah yaa heheh karena ini hanya Tuhan yang bisa. Ini membuktikan sejak dahulu Dia Tuhan yang kreatif dan penuh kreatifitas.

"Dan melalui inspirasi kreatifNya "Ekspresi yang Hidup" ini menciptakan semuanya, karena tanpa Dia tidak ada yang dapat tercipta ! -terjemahan asli Yoh 1:3-

Dia adalah sang pintu kreatifitas itu.
Yoh 10:10 " Pencuri hanya memikirkan satu hal-ia ingin mencuri, membantai dan menghancurkan. Tapi Aku datang untuk memberi kamu segala sesuatunya dalam kelimpahan , lebih dari yang kamu harapkan, hidup dalam segala kepenuhanNya hingga kamu melimpah ruah! -thepassiontranslation-

kata hidup disitu artinya zoe : sesuatu yang dari dalam ,kehidupan yang kuat dari dalam dan tidak bisa lepas dari Tuhan karena itu adalah Tuhan.


Kehidupan tidak melulu tentang apa yang kita butuhkan. Tapi apa yang bisa kita lakukan . Tuhan sendiri bilang mempunyai hidup dan kamu penuh bahkan dikasih melipah ruah keatifitas itu. Hanya saja apakah kita siap dan kita mau menerimanya serta merespon?

Keputusan kitalah yang menjadi lawan kita untuk berkreatifitas, misalnya apa iya ini bakal laku (kalau lagi buat sesuatu untuk dijual), apa ia ini akan dibutuhkan banyak orang. Di situasi pandemi seperti ini pikiran takut dan kawatir seakan tersisip membuat kita ga yakin memiliki peluang. Namun tahukah kamu bahwa beberapa perusahaan ternama seperti Burger King, CFC lahir dari keadaan yang tidak kondusif.
from: pinterest



Satu bulan lalu tepatnya awal bulan april , setelah beberapa hari aku habis kontrak kerja, dalam pembicaraanku dengan Yosafat untuk mengulang apa yang akan aku lakukan sebelum mendapatkan kerja, selain membaca (aku sampe membeli 8 buku sebelum berhenti ahhaha), membantu mama, belajar masak (ternyata aku punya bakat masak kata mama setelah mencoba), menulis blog, .... adalah menghasilkan uang dengan kreatifitas hehehe. Awalnya berencana menjual baju kaos design yosafat yaitu yosukaapparel tetapi waktu itu mesin yang kita cari untuk membuat tulisan susah cari dan disaat seperti ini kemungkinan kebutuhan umatt rakyatt akan pakaian mungkin akan banyak berat ke pangan , jadi yosafat tanya apakah aku bisa menjahit??? Hehehe dulu menjahit pinggir- pinggir tas pas sma kelas kesenian sih pernah tetapi untuk sesuatu yang dijual belum.

Usul Yosafat adalah memproduksi masker karena masker adalah salah satu yang paling dibutuhkan rakyaat indonesia saat ini, dan tentunya dengan harga dan kualitas yang damai sejahtera ☺☺.

Nah dirumah ada mesin jahit 2 buah, dan ofcourse itu adalah punya mama, mama  ya pasti bisa. Namun saat itu kami belum memutuskan untuk mejahit masker. And then 2 hari kemudian aku di wa kak Erni , salah satu patner pelayanan dan teman hangout hehehe, apakah aku bisa menjahit ? jadi perusahaan mereka ingin memesan 100 pcs. Wah udah 2 orang yang bertanya ttg menjahit.

Malam itu aku coba buat pola seperti yang dikasih kak erni tutorial , dan mama mengeksekusi menjahit. Memang pada akhirnya ada orang lain yang menang tender perusahaan yang tempat kak erni kerja , namun kata-katanya membantu ku untuk yakin untuk menggali kreatifitas membuat masker.

Benda yang berukuran 14 cm kali 9 cm ini pun kami buat sebanyak yang kami bisa, hahaha awalnya pasti ada rasa apakah ini akan terjual???
Eittssss sesuatu yang luarbiasa terjadi. Bukan hanya mama aja yang jadi semangat menjahit , akupun semangat buat pola, belanja barang.

Terima kasih juga untuk beberapa teman-teman yang ikut membantu memasarkan hehehe, ada yang pemesanan 110 pcs dari sebuah perusahaan, ada yang pemesanan sampe pengiriman medan , doloksanggul, jogja, dan ada juga yang persatuan, lusinan. Jadi mungkin kalau dihitung- hitung ada 200 san pcs lebih yang kita jual dan awalnya kita hanya modal rasa ya lanjut sajaaaa gitu.
masker in action


Aku secara pribadi bersyukur karena disaat seperti ini Kreatifitas Tuhan adalah hal yang kita bisa sebanyak-banyaknya akses, dan Dia sebanyak-banyak banyak pula memberikan. Tanpa kami sadari dari kebutuhan pangan selama bulan 4 itu dari hasil penjualan masker hehehhehehe. Ini mungkin bukan menjadi usaha yang berkepanjangan karena berpengaruh pada faktor kebutuhan manusia tetapi aku dan mama bersyukur Tuhan baik buat kasih kita kesempatan menikmati hasil penjualan dan tentunya kreatifitasNya.

Mungkin ada yang mikir , iya kalian punya mesin jahit, heeyyyssssttt, coba pikirkan apa yang kamu punya, terkadang apa yang kita punya itu bisa dipakai sebagai kreatifitas kita. Bukan berasal dari apa yang tidak kita punya. Tapi aku hanya punya hp. Wahhh sangat bisaaaa, search di google hal yang bisa kamu lakukan, dan coba, tidak ada salahnya mencoba karena yang membuat lampu didunia ini pun berawal dari mencoba.

Membuat taman , air mancur sendiri di halaman rumah dengan menggunakan alat-alat bekas pun salah satu kreatifitas juga, ga melulu kreatifitas kita bisa menghasilkan uang tetapi juga bisa mengasilkan sukacita dan semangat bahkan bisa mengibur orang lain yang melihat karya kita ya kannnn.

Ada yang kreatif buat lirik lagu, ada juga yang kreatif menemukan resep masakan hehehe dan banyak lainnya.

Tuhan adalah Allah yang kreatif. Dia ga kehabisan akal. Terkadang kitanya yang selau ingin nyaman dan malas berpikir.

Kreatifitas sudah ada , Tuhan sudah kasih. Jadi mari kita menggunakan kesempatan, hikmat kreatifitas dari Tuhan(akal pikiran) untuk membuat sesuatu, tidak ada rugi nya mencoba karena ini juga salah satu cara meningkatkan kualitas kita dan berdampak bagi orang lain terutama bagi diri kita sendiri. Terima kasih Tuhan udah kasih semua yang baik dan kita tinggal aksess.



blessed u all

-karen-








No comments:

Post a Comment